Gunung Sinabung Turun Level, BPBD Sumut: 5 Desa Akan Dipulangkan dari Pengungsian

Gunung Sinabung Turun Level, BPBD Sumut: 5 Desa Akan Dipulangkan dari Pengungsian

Foto: Gunung Sinabung

Sipayo.com – Setelah Gunung Sinabung turun level dari awas menjadi siaga, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Riadil Akhir Lubis mengatakan bahwa ada lima Desa akan dipulangkan dari tempat pengungsian Gunung Sinabung.

Lima Desa yaitu Desa Tiga Pancur, Desa Kuta Tengah, Desa Pintu Besi, Desa Jeraya dan Dusun Lau Kawar, kata Kepala BPBD Sumut, Jum’at (24/05/2019).

“Dari level empat awas menjadi level tiga, yaitu siaga,” katanya.

Rencananya, Senin (27/5/2019), BPBD Sumut akan meninjau kondisi lima desa itu.

Selain memeriksa keadaan infrastruktur dan rumah warga, pihaknya juga akan memantau perkembangan terkini dari Gunung Sinabung.

“Dan juga kami akan melihat bagaimana perkembangan status dari gunung Sinabung,” ucapnya.

Asisten satu Pemkab Karo Suang Karo-karo, mengungkapkan pemulangan masyarakat dari lima Desa tersebut direncanakan pada bulan Oktober mendatang. Dirinya menyebutkan, rencana ini juga diperhitungkan secara matang, karena juga disesuaikan dengan rekomendasi dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

“Senin depan tim terkait akan turun ke lapangan, untuk menentukan titik koordinat zona merah. Jadi mengetahui sejauh mana masyarakat boleh melakukan aktivitas,” ujar Suang, di Aula Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Kamis (23/5/2019).

Untuk mempersiapkan rencana ini, Suang menyebutkan dalam waktu dekat Pemkab Karo akan membentuk tim yang diawaki oleh BPBD Karo, dan OPD serta Forkomipda. Dirinya mengatakan, nantinya tim tersebut akan bertugas untuk meneruskan rencana aksi ke lapangan.

“Sehingga, nanti kita mengetahui apa-apa saja yang kebutuhan masyarakat di Desa yang telah diungsikan. Mudah-mudahan besok sudah terbentuk timnya,” katanya.

Tonton juga video berikut: