Harga Merangkak Naik, Pemerintah Diminta Tidak Impor Cabai

Harga Merangkak Naik, Pemerintah Diminta Tidak Impor Cabai

Sipayo.com – Harga cabai kembali merangkak naik di tingkat pasar tradisional Kabupaten Karo,  Senin (13/5/2019). Harga jual petani  di pasar hortikultura terbesar Tanah Karo, Sumatera Utara, Pajak Roga Berastagi Rp 38.000-40.000/Kg meskipun sepekan silam sempat anjlok pada level, Rp 22.000-24.000/Kg.

“Pekan lalu, Jumat-Sabtu harga cabai hanya antara Rp 22.000-24.000/Kg nya. Tapi hari ini tiba-tiba melonjak. Kemungkinan tidak banyak petani yang panen atau cabai mulai kosong, belum ada keterangan yang pasti di lapangan, mengapa harga cabai hari ini tiba-tiba meningkat,” ujar juru timbang transaksi hortikultura, Bp Panglima.

Sejumlah petani cabai yang ditemui di Pajak Roga berharap pemerintah tidak melakukan kebijjakan impor. “Harga cukup menggembirakan. Biasanya puasa harga cabai menurun, tetapi tahun ini lumayan. Walau sempat anljok, tetapi kembali naik. Kiranya pemerintah tidak mengimpor cabai agar harga stabil. Jika impor diberlakukan, pemerintah juga menurunkan harga pupuk dan pestisida agar seimbang ujar,” Baron Tarigan, petani asal Kecamatan Naman Teran. (Riza Pinem)

Keterangan foto : Harga cabai kembali melejit di tingkat pasar tradisional Kabupaten Karo,  Senin (13/5/2019). Harga jual petani  di pasar hortikultura terbesar Tanah Karo, Sumatera Utara, Pajak Roga Berastagi Rp 38.000-40.000/Kg.(ist)