Ketahuilah! Ini Tips Mudah Untuk Menghindari Penyakit Cacar Monyet yang Sedang Jadi Perbincangan Masyarakat

Ketahuilah! Ini Tips Mudah Untuk Menghindari Penyakit Cacar Monyet yang Sedang Jadi Perbincangan Masyarakat

Foto: Ilustrasi Cacar Monyet

Sipayo.com – Saat ini penyakit Impetigo atau Cacar Monyet Sedang Viral di media sosial bahkan di kalangan masyarakat jadi perbincangan. Dokter spesialis kulit dan kelamin, Irwan Fahri Rangkuti meminta masyarakat menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit Cacar Monyet atau MonkeyPox yang sedang mewabah saat ini, terutama di Singapura.

“Sebenarnya namanya adalah Impetigo namun masyarakat mengenalnya dan menyebutnya dengan nama Cacar Monyet yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri,” ujarnya, Selasa (14/5/2019).

Ia menjelaskan, penyakit Cacar Monyet tersebut sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya, apalagi penyakit tersebut mudah untuk disembuhkan sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

“Penderita Cacar Monyet biasanya paling lama hanya satu minggu saja, sembuhnya cepat sehingga tidak perlu dikhawatirkan,” jelasnya.

Ia menerangkan, walau terbilang bukan penyakit yang serius, namun tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan sejak dini agar terhindar dari penyakit Cacar Monyet tersebut seperti menerapkan pola hidup sehat.

“Agar terhindar dari Cacar Monyet cukup mudah yaitu perlu menjaga kebersihan seperti mandi yang bersih, rajin cuci tangan, tidak tidur disembarangan tempat dan pola hidup bersih lainnya,” terangnya.

Ia mengungkapkan, jika terkena Cacar Monyet maka yang harus dilakukan adalah membersihkan lukanya terlebih dahulu dan kemudian diberi antibiotik.

Jika sudah bernanah, maka nanahnya tersebut dibersihkan dahulu atau dikonpres dahulu.

“Namun jika sudah agak parah maka selain rajin membersihkan nanah yang ada, penderita penyakit tersebut juga bisa mengkonsumsi antibiotik yang langsung diminum dan bila semakin parah maka langsung dibawa ke dokter kulit agar mendapatkan penanganan yang tepat,” ungkapnya.

Ia mengatakan, penularan penyakit Cacar Monyet terjadi bila ada kontak fisik langsung dengan penderitanya.

Oleh karena itu, bila ada orang terdekat yang menderita Cacar Monyet sebaiknya dihindari untuk sementara.

“Penyebaran Cacar Monyet ini dari luka atau cairan nanah yang ada pada penderita. Nah, jika dekat-dekat dengan penderita maka bisa terkena cairan tersebut. Oleh karena itu sebainya dihindari dahulu,” katanya.