Pertama Dalam Sejarah, Final Liga Champion dan Europa Dikuasai 1 Negara

Pertama Dalam Sejarah, Final Liga Champion dan Europa Dikuasai 1 Negara

Sipayo.com – Liga Champions dan Eropa musim 2018-2019 mengukir sejarah baru. Pasalnya tim asal Inggris memborong semua tempat di partai puncak kedua ajang tersebut. Adapun di partai final Liga Champion akan mempertemukan Tottenham Hotspur dan Liverpool yang sama-sama klub asal Inggris. Sementara di final Liga Europa, dua klub Inggris lainnya, yakni Chelsea dan Arsenal yang akan bertemu.

Dengan hasil tersebut, merupakan pertama kali dalam sejarah Liga Champion dan Eropa, ketika finalis di dua ajang tersebut dalam tahun yang sama berasal dari negara yang sama pula. Hal ini sekaligus memastikan juara Piala Super Eropa tahun 2019 juga akan dimenangi tim Inggris.

Liverpool menjadi tim Inggris pertama yang berhasil melaju ke final. Pada semifinal, Liverpool berhasil membuat kejutan kala menyingkirkan Barcelona dengan skor agregat 4-3. Sempat tertinggal 0-3 di leg pertama dari Barcelona, Liverpool kemudian mampu membalasnya dengan skor 4-0 di leg kedua.

Pencapaian Liverpool kemdian disusul Tottenham. Tim skuad asuhan Mauricio Pochettino itu lebih dramatis kala mampu menginjakkan kakinya di final Liga Champions 2018-2019. Sempat tertinggal 0-1 di leg pertama, Spurs semakin tak memiliki harapan ketika takluk 0-2 di leg kedua babak pertama.

Alih-alih nyaris tersingkir, Tottenhanmmampu bangkit dan membalas dengan tiga gol. Meski skor agregat imbang 3-3, tetapi Tottenham unggul dalam gol tandang.

Sementara itu dari Liga Eropa, Arsenal melangkahkan kakinya terlebih dahulu di partai final. Secara perkasa, Arsenal menaklukkan Valencia dengan skor agregat 7-3 (leg pertama menang 3-1, leg kedua menang 4-2).

Jejak Arsenal kemudian disusul Chelsea yang susah payah menaklukkan Eintracht Frankfrut. Setelah mengakhiri laga imbang 2-2, pertarungan harus berlanjut ke babak adu penalti. Pada drama adu penalti tersebut, Chelsea menang dengan skor 4-3.