Waduh! Kasi Pem dan Kasi Kesos Makan Gaji Buta di Labuhanbatu

Waduh! Kasi Pem dan Kasi Kesos Makan Gaji Buta di Labuhanbatu

Foto: Kantor Lurah Negeri Lama/(Joko W)

Sipayo.com – Menjadi seorang aparatur sipil negara (ASN) harus siap ditempatkan dimana pun bertugas. Tetapi hal itu tidak berlaku bagi Mhd Sbn. Hsb seorang ASN dengan NIP : 198203102000081001. Sikap apathis dan menentang peraturan perundang-undangan bagi abdi negara ia tunjukkan dengan tidak menjalankan tugasnya sebagai pegawai negeri sipil.

Sudah sekira tiga tahun tahun Mhd Sbn Hsb dimutasikan dari Rantau prapat ke Kantor Kelurahan Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu dengan jabatan sebagai Kasi Pem (Kepala Seksi Pemerintahan). Namun mirisnya, Mhd Sbn Hsb tidak pernah datang ke kantor menjalankan tugasnya selama ia dimutasikan bertugas kantor tersebut. Hal itu dikatakan oleh salah seorang Kepala Lingkungan Negeri Lama kepada Sipayo.com, Jumat (24/5) di Negeri Lama.

“Mhd Sbn Hsb sudah lama dimutasi dari Rantauprapat ke kelurahan ini, tetapi jabatan sebagai kasi pem dan sebagai seorang ASN tidak dia laksanakan. Apa itu contoh sebagai abdi negara yang menerima gaji dari uang rakyat,” ujar sumber meminta tidak ditulis jati dirinya.

Foto: Absensi Mhd Sbn Hsb/(Joko W)

Ironisnya, lanjut sumber, sudah 2 kali berganti lurah di Kelurahan Negeri Lama hingga lurah yang kedua kali ini mmemasuki masa pensiun Mhd Sbn Hsb tetap tidak pernah bertugas, tetapi gaji dan tambahan lainnya seperti Kesra dan Gaji ke 13 tetap menerima.

“Yang bekerja di kantor itu mampus-mampusan pegawai honorer dan 1 orang ASN. Ia (Sb Hsb) tidak bertugas tetap terima gaji. Tindakan tegas dari pimpinan kok gak ada?,” ucap sumber dengan nada geram.

Selain Mhd Sbn Hsb, sumber menambahkan, Kasi Kesos (Kesejahteraan Sosial) Ev.SE dengan NIP :198003062008012004 yang sebelumnya bertugas di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu dan dimutasikan ke kantor lurah tersebut sekira 3 bulan lalu juga tidak pernah datang masuk kantor guna menjalankan tugasnya.

“Dia datang hanya neken absen, terus pulang lagi. Alasannya sakit. Hebatnya lagi, absensi langsung ditekennya dari hari Senin sampai hari Jumat. Seolah ia hadir setiap hari, padahal rumahnya di Negeri Lama ini, tetapi tak pernah hadir di kantor tuk bertugas,” ungkap sumber dengan nada kesal.

Lurah Negeri Lama H. SAHRIL.S.Pd  akrab disapa Haji Muda ditemui di kantornya tidak ada di tempat. Ketika dikonfirmasi Sipayo.com via selular soal anak buahnya Mhd Sbn Hsb dan Ev SE yang tidak pernah masuk bertugas, H. Sahril berkilah Mhd Sbn Hsb sudah lama bertugas di kelurahan itu semasa jabatan lurah dijabat oleh Hulwi SE.

“Masa Pak Hulwi sudah disitu dia bertugas katuo, tetapi ia tidak pernah masuk, “jelas Sahril.

Ditanya apa dirinya selaku lurah tidak pernah menegur atau melaporkan hal itu kepada BKD , Sahril berkilah sudah pernah menegurnya, tetapi ditanya apa sudah pernah melaporkan Mhf Sbn Hsb ke BKD ( Badan Kepagawaian Daerah), lurah yang mendekati masa pensiun  itu tidak memberikan jawaban.

“Kalau menegur dan nasehat sudah saya lakukan kepada Mhd Sbn Hsb agar menjalankan tugasnya. Sedangkan Ev masuk juga ke kantor, tetapi saat ini dia masih sakit,” kilah Sahril.

Disoal dan dijelaskan lagi, bahwasannya saat itu Sipayo.com ada di kantornya, dan menurut keterangan anak buahnya yang ada di kantor Ev datang hanya teken absensi lalu pulang lagi, H. Sahril tak bisa memberikan komentar.

“Bohong itu Pak Lurah. Tak pernah ada yang ditegurnya,”ungkap pegawai di kantor Lurah itu yang mendengar percakapan si Lurah ketika dikonfirmasi Sipayo.com dengan rona wajah geram. (Joko W)