Ini Pertolongan Pertama yang Wajib Diketahui Pada Serangan Jantung

Ini Pertolongan Pertama yang Wajib Diketahui Pada Serangan Jantung

 

Sipayo.com – Serangan jantung adalah kondisi darurat media di mana terjadi pemutusan atau penghentian aliran darah yang membawa oksigen ke jantung. Kondisi ini dapat merusak otot jantung karena tidak mendapat suplai oksigen, dan bisa menyebabkan kematian.
Semakin cepat pasien tiba di rumah sakit, harapan hidupnya semakin besar dan risiko kerusakan jantung semakin berkurang. Pada banyak kasus, penderita serangan jantung terlambat mendapat pertolongan dan meninggal sebelum tiba di rumah sakit. Rata-rata pasien menunggu tiga jam atau lebih sebelum akhirnya mencari pertolongan untuk menangani serangan jantung yang muncul.
Namun berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai upaya untuk pertolongan pertama saat seseorang yang terkena serangan jantung:

1. Periksa kesadaran

Segera lakukan resusitasi jantung paru, jika penderita dalam keadaan tidak sadar. Melakukan resusitasi jantung paru membutuhkan keterampilan yang bisa diperoleh dari pelatihan pertolongan pertama pada kondisi darurat.

Namun jika belum memahami hal tersebut, maka Anda dapat mulai melakukan penekanan jantung dengan kecepatan 100 kali per menit. Jika mungkin, minta arahan dari tim medis yang masih dalam perjalanan melalui saluran telepon.

2. Tenangkan penderita

Selain sesak, penderita yang sadar juga akan merasa cemas saat mengalami serangan jantung. Kondisi tersebut berpotensi memperburuk serangan yang ada dan meningkatkan beban kerja jantung. Karena itu, sangat penting untuk menenangkan penderita.

Coba baringkan penderita pada sandaran yang rata dan nyaman agar dapat beristirahat serta lebih rileks. Kemudian, kendurkan pakaian yang terlalu mengikat, seperti kancing baju atau ikat pinggang, agar penderita bisa bernapas dengan leluasa.

3. Panggil bantuan medis terdekat

Segera cari pertolongan medis. Bila perlu minta pertolongan orang lain, sambil Anda memberikan pertolongan dan mengawasi kondisi penderita. Hubungi nomor telepon darurat untuk respons cepat ambulans.

Jelaskan kepada tim medis yang datang tentang mekanisme terjadinya serangan jantung dan pertolongan apa saja yang sudah dilakukan. Jika kondisi penderita memang stabil, segera bawa ke unit gawat darurat terdekat.

4. Tanyakan riwayat kesehatan

Tanyakan kepada penderita apakah memiliki riwayat penyakit sebelumnya, khususnya penyakit jantung. Selain itu, adakah obat yang diresepkan dokter dan diminum secara rutin.

Salah satu obat yang digunakan untuk mengurangi nyeri serangan jantung adalah aspilet dengan dosis 160 mg-325 mg. Jika memang tersedia, bantu pasien untuk mengonsumsi obat tersebut.

Kecepatan dan ketepatan penanganan serangan jantung yang sedang terjadi sangat berperan dalam keselamatan jiwa penderita. Itu karena serangan jantung adalah kondisi darurat yang harus segera memerlukan pertolongan medis. Pastikan Anda memperhatikan beberapa hal di atas untuk memberikan pertolongan pertama pada penderita serangan jantung.