Mendikbud Sebut Semua Guru Harus Punya Pengalaman Mengajar di Wilayah 3 T

Mendikbud Sebut Semua Guru Harus Punya Pengalaman Mengajar di Wilayah 3 T

 

Sipayo.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan, mengajar di daerah 3T sebagai pengalaman bagi guru untuk mengetahui kondisi mutu pendidikan dasar dan menengah nasional.

Dalam hal itu dirinya mengatakan bahwa Semua guru secara bergantian wajib mengajar di daerah terluar, terdepan dan tertinggal (3T). Baik itu yang berstatus pegawai negeri sipil atau honorer.

Maka dari itu pemerintah saat ini terus memantapkan redistribusi guru yang rencananya diberlakukan tahun ini, dengan adanya redistribusi, guru-guru di perkotaan akan dirotasi ke perdesaan. Demikian sebaliknya sehingga guru bisa kaya pengalaman.
“Guru yang di kota harus merasakan bagaimana mengajar di desa. Jadi pengalamannya di kota bisa ditularkan ke guru-guru di desa,” kata Menteri Muhadjir, Kamis (13/6/2019).

Wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) lanjut Muhadjir juga menjadi salah satu tujuan rotasi guru. Selama ini yang mengajar di daerah 3T adalah guru honorer atau guru garis depan (GGD). Sangat jarang guru di kota mau mengajar di wilayah 3T.