Ulat Bulu Serang Sekolah di Pasuruan

Ulat Bulu Serang Sekolah di Pasuruan
Foto: Saat Siswa membersikah ulat bulu di lantai sekolah (ist)

Sipayo.com – Ribuan ulat bulu ‘menyerang’ di sekolah Dusun Semambung, Desa Campang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Banyak siswa yang takut dan resah dengan keadaan ulat bulu tersebut.

Beberapa sekolah juga turut di serang ulat bulu, yakni SD, SMP dan SMA 45, yang terletak di Jalan Buk Kematen. Setiap pagi, para siswa membersihkan ulat bulu sebelum proses belajar mengajar dimulai.

Para siswa juga dibantu guru menyapu ulat yang merayap di lantai dan ruangan kelas, bangku dan teras. Setelah dikumpulkan, ulat tersebut dibakar di pelataran terbuka.

“Setiap pagi bersih-bersih ulat agar nyaman,” kata Sofyan, salah satu siswa SMP 45, Selasa (25/6/2019).

Sofyan mengatakan, hama ulat bulu yang menyerang sekolahnya tak menimbulkan rasa gatal. Namun tetap harus dibersihkan.

“Kadang dibuat mainan menunggu jam masuk,” ungkapnya.

Kepala Sekolah SMA 45 Munaji menambahkan, banyak siswa yang merasa takut dengan keberadaan ulat di sekitar mereka. Pihak sekolah setiap hari melakukan penyemprotan.

“Sangat mengganggu karena banyak siswa yang takut. Setiap hari kita semprot manual lalu dikumpulkan dan dibakar,” terangnya.

Munaji berharap penyemprotan yang dilakukan Dinas Pertanian juga dilakukan di sekolah. Agar hama ulat bulu benar-benar musnah.

Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan sudah melakukan penyemprotan ulat bulu di Dusun Semambung sejak dua hari lalu. Namun di beberapa tempat masih banyak terdapat hama tersebut.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Pertanian M Ichwan mengatakan, pembasmian ulat bulu masih akan dilakukan hingga esok hari. “Masih ada lokasi-lokasi yang belum disemprot. Hari ini dan besok masih kita lakukan penyemprotan sampai habis,” pungkas Ichwan.