3 Rumah Warga Desa Kutambaru Diterjang Lahar Dingin Gunung Sinabung

3 Rumah Warga Desa Kutambaru Diterjang Lahar Dingin Gunung Sinabung
Foto: Salah seorang warga yang berusaha menyebrangi Lahir dingin yang menghambat jalan (Iswanto Ginting/sipayo.com)

Sipayo.com – Hujan deras yang terjadi selama beberapa terakhir di kawasan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo menyebabkan desa Kutambaru, Kecamatan Tiganderket diterjang banjir lahar dingin, Rabu (10/7/2019) malam.

Banjir lahar dingin menerjang yang desa Kutambaru sekitar pukul 20.15 WIB sontak membuat panik warga yang pada saat bersamaan tengah santai rumah masing-masing.

Sedikitnya 3 rumah warga di Desa Kutambaru tergenang material lahar dingin berupa lumpur dan batu. lahar dingin ini sendiri menerjang rumah warga karena jalur lahar dingin tersumbat sehingga menyebabkan material laharw keluar jalur dan menerjang rumah warga.

“Ada 3 rumah yang tergenang material lahar dingin hingga setinggi 1 meter. saat ini penghuni rumah sudah dievakuasi,” ungkap Joni Ginting Sugihen saat dikonfirmasi Sipayo.com

Tak hanya itu, material lahar dingin juga mengenangi jalan desa sehingga proses evakuasi warga berjalan cukup dramatis. Hal ini disebabkan warga diharuskan melewati material lahar dingin.

Namun demikian, Joni menyesalkan bahwa pihak terkait belum tiba dilokasi pasca banjir lahar dingin.

“Sudah kita sampaikan kepada pemerintah. Namun sampai saat ini belum tiba,” sesal Joni.

Joni sendiri mengungkapkan bahwa banjir lahar dingin ini tidak sampai menelan korban jiwa. Namun demikian, kerugian akibat banjir ini ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.