5 Rumah Warga Desa Kutambaru Diterjang Lahar Dingin Gunung Sinabung

5 Rumah Warga Desa Kutambaru Diterjang Lahar Dingin Gunung Sinabung

Sipayo.com – Lahar dingin Gunung Sinabung, Kabupaten Karo menerjang 5 rumah warga desa Kutambaru, Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo, Sumatera Utara (10/7/2019) malam.

Banjir lahar dingin menerjang Desa Kutambaru sekitar pukul 20.15 WIB, sontak membuat panik warga yang melihat lahar dingin menerjang rumah warga.

Sedikitnya 5 rumah warga di Desa Kutambaru tergenang material lahar dingin berupa lumpur dan batu. lahar dingin ini sendiri menerjang rumah warga karena jalur lahar dingin tersumbat sehingga menyebabkan material laharw keluar jalur dan menerjang rumah warga.

“Ada 5 rumah yang tergenang material lahar dingin hingga setinggi 1 meter. saat ini penghuni rumah sudah dievakuasi,” ungkap Joni Ginting Sugihen saat dikonfirmasi Sipayo.com

Tak hanya itu, material lahar dingin juga mengenangi jalan desa sehingga proses evakuasi warga berjalan cukup dramatis. Hal ini disebabkan warga diharuskan melewati material lahar dingin.

Namun demikian, Joni menyesalkan bahwa pihak terkait belum tiba dilokasi pasca banjir lahar dingin.

“Sudah kita sampaikan kepada pemerintah. Namun sampai saat ini belum tiba,” sesal Joni.

Joni sendiri mengungkapkan bahwa banjir lahar dingin ini tidak sampai menelan korban jiwa. Namun demikian, kerugian akibat banjir ini ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Dengan terpisah, salah seorang warga Adiwijaya Sitepi juga menyampaikan kepada Sipayo.com, ada enam orang warga sempat terseret arus lahar dingin tersebut. Namun, berhasil diselamatkan warga.

“Tadi ada 6 orang yang terseret arus lahar dingin ini, tapi berhasil diselamatkan” Jelas Adiwijaya Sitepu.

Adiwijaya Sitepu juga meminta kepada pemerintah terkait, agar secepatnya untuk menangani musibah yang dialami warga Desa Kutambaru.

“Pemerintah terkait harus cepat tanggap dengan musibah ini” Tegas Adiwijaya Sitepu.