Polsek Bilah Hilir Diminta Tindak Tegas Penyalahgunaan BBM Subsidi di SPBU Negeri Lama

Polsek Bilah Hilir Diminta Tindak Tegas Penyalahgunaan BBM Subsidi di SPBU Negeri Lama

Foto: SPBU Negeri Lama

Sipayo.com – Aparat kepolisian Polsek Bilah Hilir diminta melakukan tindakan tegas terhadap oknum yang melakukan penyalahgunaan BBM subsidi yang terjadi di SPBU 14227350 Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhambatu, Sumatera Utara.

Pasalnya, SPBU Negeri Lama diduga melakukan kerjasama selama ini dengan konsumen yang mengambil keuntungan pribadi dengan cara penyalahgunaan BBM subsidi itu.

Ricuh dugaan “permainan” seperti itu ramai dengan adanya postingan tadi pagi di media sosial Facebook yang diunggah oleh Ris  yang mengkritisi SPBU Negeri Lama dan disahuti cuitan para netizen tentang SPBU itu serta mengkritisi kinerja polisi.

Komentar pada postingan itu dikatakan, ada konsumen yang membeli BBM subsidi tersebut menggunakan sepeda motor. Namun tangki sepeda motor sudah mereka modifikasi.

Setelah tangki penuh, mereka keluar dari SPBU dan menyuling minyak subsidi dimaksud dan dipindahkan ke jerigen setelah itu mereka datang mengisi lagi.

“Anehnya pegawai yang bertugas mengisi minyak dan security di SPBU itu pura-pura tidak tahu. Karena yang bermain orang- orang yang tinggal dekat SPBU itu,” salah satu komentar di postingan tersebut.

Menanggapi postingan seperti itu, salah seorang warga Bilah Hilir Suwardi, diminta tanggapannya oleh Sipayo.com mengatakan polisi harus bertindak tegas.

“Reskrim dan Intelkam kepolisian harus bekerja maksimal. Pantau bener itu SPBU. Kalau terbukti ada” permaian” tangkap pelakunya. SPBUnya pun bisa ditindak kalau terbukti bermain menyalahgukan BBM subsidi,” ungkap Suwardi.

Kapolsek Bilah Hilir AKP Ery Prasetyo dikonfirmasi Sipayo.com via selular  , Rabu (14/7l mengatakan, sudah berulangkali menghimbau kepada mandor SPBU 14227350 Negeri Lama, agar tidak melayani atau menjual BBM subsidi kepada konsumen yang berulang-ulang datang membeli minyak di SPBU itu.

Alasannya pembeli dengan modus seperti itu mengisi full tangki mereka dan kemudian mereka suling ke jerigen. Selain menghimbau, lanjut Ery, Polsek Bilah Hilir juga sudah memasang spanduk di SPBU itu agar tidak menyalahgunakan BBM subsidi sebagaimana di atur di dalam undang-undang Migas.

“Sudah berulangkali kita menghimbau kepada mandor. Kalau ada pembeli yang berulang ulang-ulang membeli premium subsidi maupun bio solar di hari yang sama jangan dikasih,” ujarnya.

“Kanit Reskrim Ipda Lumbangaol SH dan Babinkamtibmas juga sudah menghimbau masyarakat agar jangan coba-coba membeli BBM subsidi dengan cara memodifikasi tangki kenderaan atau pun pakai derigen. Penyalahgunaan pidananya itu jelas,” ujar Ery Prasetyo.

Namun demikian tambahnya,  Ery mengucapkan terimakasih atas informasi itu serta kritikan dari masyarakat.

“Akan kita tindaklanjuti masalah itu. Kita akan tegur kembali pihak SPBU dan akan kita tindak lanjuti informasi ini. Siapa yang kedapatan dan terbukti melakukan penyalahgunaan BBM subsidi kita tindak tegas,” sebut Ery mengakhiri. (Joko W.)