Ratusan Warga Sumut Lakukan Aksi Demo di Kantor DPRD

Ratusan Warga Sumut Lakukan Aksi Demo di Kantor DPRD

Foto: Penanggung jawab aksi, Julianus Paulus Sembiring (tengah).

Sipayo.com – Ratusan warga yang berasal dari enam kabupaten di Sumatera Utara (Sumut) yakni Kabupaten Karo, Dairi, Simalungun, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, dan Samosir yang mengatas namakan Forum Masyarakat Nasional (Formanas) lakukan aksi demo di Kantor DPRD Sumut, di Jalan Imam Bonjol, Medan pada Selasa (27/08/2019). Massa Aksi demo tersebut meminta pembangunan jalan tol Medan-Berastagi beralasan utama aspek ekonomi.

Dalam aksinya, mereka membawa sejumlah spanduk dan poster yang mendesak pemerintah untuk membangun jalan tol, yang juga akan bermanfaat bagi masyarakat Aceh. Penanggung jawab aksi, Julianus Paulus Sembiring menyatakan, jalan Medan-Berastagi yang panjangnya sekitar 70 kilometer, merupakan akses utama yang menghubungkan Medan sebagai ibukota provinsi, dengan keenam daerah.

“Jalan tersebut masih digunakan masyarakat sebagai jalur paling sibuk. Meningkatnya volume kendaraan yang tidak dibarengi penambahan kualitas jalan membuat jalur itu sering mengalami macet panjang yang parah,” jelas Sembiring.

Lanjut Julianus menjelaskan, jika macet terjadi, baik karena kecelakaan, longsor dan sebagainya, maka jalur yang biasanya bisa dilewati selama dua jam, bisa menjadi delapan jam, bahkan lebih. Kondisi ini kerap merugikan masyarakat dari kawasan yang mengandalkan pengiriman produk pertanian ke Medan, demikian juga proses distribusi produk dan barang dari Medan.

“Kami meminta DPRD Sumut mengusulkan kembali pembangunan jalan tol atau jalan layang,” kata Sembiring.

Aksi demo itu diterima Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman dan sejumlah anggota dewan lainnya. Pada pokoknya mereka mendukung aksi itu, dan berjanji akan menjajaki keinginan itu ke pemerintah pusat.