Manfaatkan Dana CSR, Karang Taruna Sidomulyo Ciptakan Ekonomi Kerakyatan

Manfaatkan Dana CSR, Karang Taruna Sidomulyo Ciptakan Ekonomi Kerakyatan

Foto: Ketua Karang Taruna Desa Sidomulyo Wahyudi bersama Kepala Desa Sidomulyo Sukri dan Aris Marta serta Kepala Dusun di Lokasi Penanaman Palawija, Dusun Pasar 6/(Joko W. Erlambang).

Sipayo.com – Karang Taruna adalah Organisasi Sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/ kelurahan dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

Dengan dasar prinsip itulah karang taruna Desa Sidomulyo, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu melakukan gebrakan berupa peningkatan ekonomi kerakyatan dengan cara melakukan pengembangan penanaman tumbuhan palawija di desa tersebut.

Hal itu dikatakan Ketua Karang Taruna Desa Sidomulyo, Wahyudi, didampingi Kepala Desa Sidomulyo Sukri, Asisten perkebunan PT Hari Sawit Jaya Aris Marta, Sekdes Sidomulyo Nazarrudin, Kepala Dusun Sidodadi dan Kepala Dusun Sidomulyo 2 di lokasi penanaman palawija Dusun Pasar 6 Desa Sidomulyo kepada Sipayo.com, Rabu (18/9).

Yudi menjelaskan, kegiatan penanaman palawija seluas satu hektar dikerjakan oleh anggota karang taruna dengan sumber anggaran dana sosial respon cibility (CSR) Pwrusahaan Perkebunan PT Hari Sawit Jaya sebesar Rp.13.750.000.

“Selain dana CSR juga ada bantuan dari dana desa. Tetapi dana desa belum kita terima karena masih dalam usulan. Dana yang sudah cair itu yang kita gunakan terlebih dahulu untuk biaya penjetoran lahan, biaya beli bibit palawija dan biaya penanaman dan biaya lainnya,” ujar Yudi.

Menurut Yudi, proses pengolaan lahan biaya yang dibutuhkan mencapai dua puluh lima jutaan mencakup biaya pembuatan pagar dan biaya sewa lahan.

Sedangkan nantinya pendapatan hasil dari penanaman palawija itu, lanjut Yudi, seperti penanaman sawi, jagung, ubi kayu, pepaya  tebu dan tanaman lainnya akan digunakan untuk  peningkatan usaha ekonomi di bidang lainnya.

“Harapan kita hasil kerja kita ini membuahkan hasil yang maksimal. Keuntungan atau hasil yang kita dapat bisa kita kembangkan untuk usaha lain mengikuti perkembangan pasar. Selain itu, pendapatan dari kerja ini bisa juga kita gunakan untuk dana kegiatan sosial atau pun peningkatan olah raga,” terang Yudi.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Sidomulyo Sukri, mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada para pengurus Karang Taruna yang telah berbuat kontruktif dan punya program memajukan pendapatan asset desa.

“Semoga Karang Taruna di desa kita ini terus semangat, optimis mendukung dan bergandenga tangan dengan pemerintahan desa menciptakan peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat. Bisa pula menjadi miotivator di desa ini,” ungkap Sukri.

Di kesempatan yang sama, OW Limbong selaku General Manajer PT Hari Sawit Jaya diwakili Asistennya Aris Marta memberikan apalaus kepada karang taruna Desa Sidomulyo yang berkarya dan berinovasi melakukan penanaman palawija tersebut.

“Melalui karang taruna seperti ini kita terua berbuat hal yang positif. Sebagai organisasi sosial karang taruna juga harus bisa melakukan tindakan positif dalam hal pencegahan penggunaan narkoba yang kian hari makin meresahkan. Besar harapan saya karang taruna desa sidomulyo ini menjadi barometer karang taruna yang ada di desa lainnya,” imbuh Aris Marta. (Joko W. Erlambang)