Mengenal Deleng atau Gunung di Wilayah Karo

Mengenal Deleng atau Gunung di Wilayah Karo

Foto: Gunung Sibayak Terlihat dari Berastagi Tempo Dulu

Oleh: Edison Tarigan Gerneng

Di Provinsi Sumatera Utara terdapat suku dimana masyarakatnya bermukim di kelilingi pegunungan, Suku Karo namanya. Pemukiman Suku Karo yang tanah ulayatnya disebut dengan Taneh Karo terdapat sejumlah pegunungan yang menjulang tinggi dan pula hanya berbentuk perbukitan yang mengelilingi hampir setiap pemukiman penduduk.

Di Taneh karo ini terdapat berbagai nama gunung yang dibuatkan oleh masyarakat Karo secara turun-temurun sesuai folklor dan kondisi bentuk gunung/perbukitan itu sendiri.

Secara luas gunung di definisikan dengan sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya yang ketinggiannya minimal 2000 kaki. Tetapi secara adat lokal, gunung itu seringkali di definisikan dengan permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya berbentuk curam dan berbukit-bukit.

Di Nusantara kita, penyebutan untuk ‘gunung’ dalam bahasa daerah sangatlah beragam, diantaranya Glee (Aceh), Deleng (Karo), Dolog (Batak), Bulu (Bugis), Arga/Wukir (Jawa), dan sebagainya.

Khusus untuk Suku Karo yang mendiami Taneh Karo, gunung dan bukit-bukit dibagi dalam 2 kategori yang berbeda, yakni gunung disebut dengan istilah deleng, sedangkan bukit-bukit disebut dengan pinto-pinto.

Uniknya pada Suku Karo juga ada kalimat “enggo terndeleng-ndeleng” yang artinya menyendiri. Biasanya seseorang yang baru terkena bencana, ditinggal oleh sosok yang sangat disayangi atau hal pilu dalam menjalani hidup yang mengakibatkan seseorang tersebut menyendiri ke hutan kampung, atau perladangan disebut ndeleng-ndeleng.

Di grup Facebook Rumah Masyarakat Karo (Rumaka), penulis mencoba bertanya kepada member mengenai nama-nama deleng (gunung) yang berada di Taneh Karo. Hasilnya sebagai berikut:

Nama Deleng (gunung) di Taneh Karo

– Deleng Sibayak
– Deleng Sinabung (Sinabun)
– Deleng Barus
– Deleng Pinto
– Deleng Similir
– Deleng Sipiso-piso
– Deleng Sibuaten
– Deleng Kempawa
– Deleng Kutu
– Deleng Simole
– Deleng Singkut
– Deleng Macik
– Deleng Gamber

Sebenarnya masih banyak lagi nama Deleng yang terdapat di wilayah Karo dengan ketinggian 800-1500 kaki yang oleh masyarakat setempat dikategorikan sebagai Deleng (Gunung).