Plt Bupati Labuhanbatu Harapkan Petani dan Peternak untuk Terus Berinovasi

Plt Bupati Labuhanbatu Harapkan Petani dan Peternak untuk Terus Berinovasi

Foto: Plt Bupati Labuhanbatu Mengumpulkan Telur di Salah Satu Ternak Desa Tebing Tinggi Pangkatan, (12/09/2019).

Sipayo.com – Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe mengharapkan petani dan peternak untuk terus ber-inovasi. Masyarakat Labuhanbatu memiliki banyak potensi, disinilah peran penting para penyuluh pertanian untuk memajukan para petani.

Hal tersebut diungkapkannya pada cara temu ramah dengan Petani dan Peternak serta masyarakat Dusun Gapuk, Desa Tebing Tinggi Pangkatan, Kecamatan Pangkatan, Kamis (12/9/2019) siang yang turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Hasibuan Andi Suhaimi di halaman kediaman Abdul Halim Hasibuan.

Pada kesempatan itu pula, Andi Suhaimi mengapresiasi Abdul Halim Hasibuan yang merupakan tokoh masyarakat serta pembina para petani dan peternakan yang ada di Dusun Gapuk. Beliau merupakan sosok motivator ulet yang terus berinovasi demi perubahan dan kemajuan para petani yang ada di daerahnya.

“Masyarakat kita memiliki banyak potensi, hal ini harus kita dukung untuk kemajuan para petani di Labuhanbatu, saat ini sawit sudah rendah harga jualnya, kita alihkan saja lahan sawit yang kita punya dengan bercocok tanam atau beternak,” ujar Andi Suhaimi.

Andi Suhaimi mengungkapkan, bahwa saat ini Pemkab Labuhanbatu memiliki program inovasi dan kolaborasi yang dilakukan Balitbang dengan Dinas Pertanian, yakni masyarakat/petani padi bisa panen 2 atau 3 kali dalam setahun di Desa Selat Beting Kecamatan Panai Tengah.

“Saat ini Pemkab sudah memberikan bibit, pupuk, serta alat panen yang juga gratis, hari ini banyak yang harus kita rapikan ada bibit yang sudah entah kemana dibagikan, saya harapkan penyaluran bibit dan ternak ini harus tepat, jangan lagi ada yang tidak jelas,” tegas Plt Bupati itu.

Sementara itu Abdul Halim Hasibuan selaku tokoh masyarakat dan juga motivator petani mengungkapkan, masyarakat Dusun Gapuk sebagian berprofesi sebagai buruh tani, bukan pengusaha tani. Upaya beliau saat ini yaitu mengarahkan masyarakat untuk bertani agar ekonomi keluarganya semakin baik.

“Kami berharap suport dan dukungan dari pemerintah, bagaimana petani kita bisa maju, saya juga beternak bebek, ada 100 ekor yang masih produktif, harga telurnya juga cukup mahal, saya juga ingin masyarakat disini bisa beternak bebek seperti saya, saya harap, minimal di desa kita ada pabrik rekayasa pakan bebek, agar kami lebih mudah mendapatkan pakan tersebut,” tutur Abdul Halim.

Kemudian, Camat Pangkatan Chairuddin Nasution S.Sos mengucapkan selamat datang kepada Plt Bupati dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ny. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe beserta rombongan. Dijelaskannya, Dusun Gapuk merupakan Dusun terisolir yang baru berkembang, beliau berharap daerah itu bisa maju didukung Bapak Abdul Halim Hasibuan yang selalu memotivasi masyarakat, petani dan peternak.

Temu ramah dengan Petani dan Peternak tersebut diwarnai dengan acara tanya jawab dan panen telur bebek serta pelepasan induk ikan. (Abi Pasaribu)