Plt Bupati Labuhanbatu Kunker Ke Jawa Timur

Plt Bupati Labuhanbatu Kunker Ke Jawa Timur

Kunker (Kunjungan Kerja) Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT didampingi Direktur RSUD Rantauprapat dr. Syafril Rahmadi Maulana Harahap, SpB, Wakil Direktur RSUD Rantauprapat, Sopar Sitorus, SKM, M. Kes serta Dewan Pengawas RSUD Rantauprapat antara lain Inspektur Kabupaten Zainuddin Harahap, Kepala BPKAD Indra Sila dan Kepala Bidang Anggaran BPKAD, Salman A. Rambe ke Kabupaten Tulungagung Propinsi Jawa Timur, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan di Rumah Sakit Umum Rantauprapat, sekaligus dalam rangka koordinasi bidang pemerintahan daerah serta menjalin hubungan kerjasama yang baik dalam upaya tatakelola pemerintahan daerah.

Demikian hal itu dijelaskan Kepala Dinas Kominfo Labuhanbatu H Muhammad Ihsan Harahap, ST, Senin (16/9/2019) malam melalui telepon seluler di Rantauprapat.

Lebih lanjut Ihsan Harahap menjelaskan, Kita mengetahui bersama bahwa Kabupaten Tulungagung Propinsi Jawa Timur-Surabaya adalah sebuah Kabupaten yang sudah maju di Indonesia dan sarat dengan berbagai prestasi, inovasi dan memiliki angka kemiskinan dibawah rata-rata.

“Salah satu prestasi Kabupaten Tulungagung adalah telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai The Inspiring and Innovative Hospital 2018 karena RSUD Dr. Iskak Tulungagung telah sukses melakukan inovasi-inovasi berbasis digital dalam pelayanan, sehingga mampu mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, itulah dasar pertimbangannya sehingga diputuskan untuk melihat dan berdialog secara langsung ke Pemkab Tulungagung-Jawa Timur,” terang Ihsan Harahap.

Dalam kesempatan itu Ihsan Harahap menjelaskan bahwa Rumah Sakit Umum Rantauprapat memiliki status Type “B”, dan telah meraih akreditasi paripurna bintang lima dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Versi Tahun 2012, Kementerian Kesehatan R.I. Saat ini sedang melakukan berbagai inovasi guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat, yaitu melengkapi Aplikasi Pengelolaan Data Sarana, Prasrana dan Alat-alat Kesehatan (ASPAK), Fasilitas Kesehatan, RS Online dan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) serta mempersiapkan tenaga konsultan Hemodialisa, konsultan bedah vaskular dan melengkapi izin praktek perawat, bidan dan para dokter yang bertugas di RSUD Rantauprapat serta berusaha meningkatkan status sebagai rumah sakit nonpendidikan menjadi Rumah Sakit Pendidikan dengan orientasi akan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) di Labuhanbatu.

Untuk mencapai target pelayanan terbaik itulah, Tim Pemkab Labuhanbatu secara langsung dipimpin Plt. Bupati Labuhanbatu yang turut didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj. Rosmanidar Hasibuan Andi Suhaimi berkunjung ke RSUD Dr. Iskak Tulungagung Jawa Timur, karena RSUD Dr. Iskak Tulungagung telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai The Inspiring and Innovative Hospital 2018. Penghargaan ini diberikan karena RSUD tersebut telah sukses melakukan inovasi-inovasi berbasis digital dalam pelayanan, sehingga mampu mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Pemkab Labuhanbatu ingin melihat secara langsung inovasi-inovasi yang dilakukan RSUD Dr. Iskak Tulungagung dan akan kita terapkan seoptimal mungkin di RSUD Rantauprapat, seperti pelayanan online berbasis aplikasi yang dinamakan Poetri (Pendaftaran Online Tanpa Antre), dimana dengan aplikasi ini pasien tidak perlu mengantre panjang saat di Rumah Sakit, melainkan bisa daftar lebih dahulu dari rumah dengan menggunakan Android ataupun telepon/sms, jelas Ihsan Harahap.

Kedatangan Plt Bupati Labuhanbatu beserta rombongan, disambut hangat oleh Bupati Tulung Agung, Drs. Maryoto Birowo, M.M., didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, S.K.M., dan Dirut RSUD Dr. Iskak, Tulungagung, dr. Supriyanto serta sejumlah Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Tulungagung.

Pertemuan antar kedua Kepala Daerah ini, terjalin akrab disertai saling bertukar cenderamata dan diskusi yang bermanfaat, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan dan melihat secara langsung situasi dan kondisi serta pelaksanaan pelayanan di RSUD Dr. Iskak Tulungagung. (Abi Pasaribu)