Arya Sinulingga Pimpin Polling Pilkada Kota Medan

Arya Sinulingga Pimpin Polling Pilkada Kota Medan

Foto: Ilustrasi

Sipayo.com – Ikatan Cendikiawan Karo Indonesia (ICKI) telah merekomendasikan dan mengusung tokoh Karo untuk maju pada konstestasi Pilkada Kota Medan 2020. Dalam rilis persnya beberapa waktu lalu, ICKI merekomendasikan 10 nama tokoh yang dinilai layak untuk maju.

Berbekal sejarah Kota Medan yang tidak terlepas dari sosok Guru Patimpus Sembiring Pelawi sebagai pendiri Kota Medan pada tahun 1950, ICKI pun optimis, setidaknya dari 10 nama tokoh yang direkomendasikan akan masuk dalam kandidat Calon Wali Kota atau minimal sebagai Calon Wakil Walikota.

“Kita serius dalam mewujudkan keinginan dan harapan ini, kita berharap akan ada kesempatan bagi tokoh Karo untuk berbuat bagi kemajuan Kota Medan,” kata Ketua ICKI, DR Ir Budi D Sinulingga MM Kepada wartawan, Minggu (6/10/2019) lalu.

Setelah beredar 10 nama tokoh Karo yang direkomendasikan ICKI maju di Pilkada Kota Medan tahun 2020, sejak Sabtu (12/10/2019) sore ke-10 nama tersebut juga telah masuk dalam jajak pendapat atau polling di salah satu situs online, yakni pollingkita.com.

Berdasarkan pantauan sipayo.com, ke-10 daftar nama yang tertera di polling tersebut identik dengan nama-nama yang direkomendasikan ICKI beberapa waktu lalu. Ke-10 tokoh tersebut merupakan sosok yang memang sudah tidak asing bagi masyarakat Kota Medan, khususnya dari kalangan masyarakat Karo. Mereka terdiri dari berbagai latar belakang mulai dari politisi, birokrat, pengusaha, hingga akademisi.

Sejauh ini hasil polling tersebut masih dipimpin oleh politisi dan pengusaha muda nasional, Arya Mahendra Sinulingga yang juga dikenal sebagai Presiden klub sepakbola Karo United FC. Sosok Arya Sinulingga tampak mengungguli sejumlah kandidat lain dengan jumlah polling yang cukup signifikan mencapai 31 persen lebih.

Hingga berita ini diterbitkan, berikut hasil polling sementara dari daftar nama-nama tokoh Karo yang direkomendasikan akan maju di Pilkada Kota Medan tahun 2020:

1). Arya Mahendra Sinulingga (Politisi, Pengusaha) 31,5% atau 520 suara

2). Rusdi Sinuraya (Dirut PD Pasar Kota Medan) 22,4% atau 369 suara

3. Mbelin Brahmana (Ketua Umum PMS, Pengusaha) 19,0% atau 314 suara

4. Arjuna Sembiring (Kepala BPBD Kota Medan) 18,9% atau 313 suara

5. Budiman Ginting (Akademisi, Dekan FH USU bergelar Profesor) 1,8% atau 29 suara

6. Baskami Ginting (Politisi, Ketua DPRD Provinsi Sumut) 1,8% atau 29 suara

7. Burhanuddin Sitepu (Politisi, Anggota DPRD Kota Medan tiga periode) 1,6% atau 27 suara

8. Syaad Afifuddin Sembiring (Akademisi, Dosen USU bergelar Profesor) 1,3% atau 21 suara

9. Sidarta Pelawi (Pengusaha) 1,2% atau 20 suara

10. Robi Barus (Politisi, Anggota DPRD Kota Medan) 0,5% atau 8 suara.