Facebook dan Instagram Tumbang dan Sulit Diakses

Facebook dan Instagram Tumbang dan Sulit Diakses
Keberadaan situs jejaring sosial Facebook yang dinyatakan down (tumbang) dan sulit diakses banyak dilaporkan  oleh para penggunanya siang ini, Selasa (27/1/2015). Keluhan sulitnya Facebook diakses banyak terungkap melalui media sosial lainnya, seperti Twitter.
Seperti penelusuran Sipayo.com, Facebook yang diakses melalui web browser maupun versi mobile tak bisa terbuka. Setelah diulang beberapa kali, tetapi tetap tidak bisa masuk ke Facebook. Sesekali ketika berhasil, hanya ditampilkan informasi singkat “Sorry, Something Went Wrong.”
Sejumlah pengguna Twitter melaporkan keluhan mereka terkait sulitnya Facebook diakses sejak beberapa waktu lalu. Beberapa dari mereka mengatakan bahwa mereka juga tidak dapat mengakses Facebook, baik melalui Komputer maupun mobile.
“Sudah sejak tadi saya tak bisa mengakses Facebook. Sudah dicoba di Komputer maupun mobile. Tapi Facebok sepertinya lagi down,” ujar Pino salah seorang pengguna Facebook asal Indonesia.
Selain Facebook, layanan berbagi gambar Instagram juga dilaporkan mengalami hal sama. Ketika dibuka melalui perangkat ponsel Android, aplikasi Instagram langsung mengeluarkan pesan notifikasi “couldn’t refresh feed“. Artinya layanan yang juga milik Facebook tersebut tak bisa diakses.
“Facebook, Instagram down globally #facebookdown,” tulis salah satu pengguna Twitter menegaskan kejadian tumbangnya kedua layanan media sosial.
Dari kicauan tersebut dapat dipastikan bahwa kejadian tumbangnya Instagram dan juga Facebook terjadi secara global, jadi tak cuma di Indonesia. Sejauh ini belum ada pernyataan dari Facebook soal kejadian ini.