Kebersihan Pusat Pasar Berastagi Menjadi Sorotan

Kebersihan Pusat Pasar Berastagi Menjadi Sorotan
Mengingat keberadaan Berastagi sebagai salah satu tujuan wisata terfavorit di wilayah Sumatera Utara, maka sudah sepantasnya bila kebersihan dan penataan kota ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Karo. Dalam kurun beberapa tahun belakangan, keberadaan Kota Berastagi dinilai semakin hari semakin jorok, khususnya di Pusat Pasar Berastagi.

Seperti diketahui, selama ini kontribusi Pusat Pasar Berastagi cukup besar diperoleh pemerintah, sehingga sudah selayaknya infrastrukturnya harus dibenahi termasuk soal kebersihan.

Hal tersebut disampaikan oleh beberapa warga Berastagi kepada wartawan, Selasa (6/1/2014). Menurut mereka, pasar tersebut butuh pengelolaan yang lebih baik, agar keberadaan pusat pasar tidak tercemari bau busuk yang bersumber dari sampah menumpuk.

“Mengingat Pusat Pasar Berastagi merupakan barometer pusat perbelanjaan di daerah ini, maka sudah selayaknya perbaikan prasarana jalan dan pengelolaan pusat pasar harus dilakukan. Seperti kita ketahui bahwa bukan hanya masyarakat Berastagi yang melakukan transaksi jual beli di pasar ini, tetapi juga masyarakat luar yang umumnya adalah para wisatawan” ujar salah seorang warga.

Dia juga mengimbau agar pusat pasar Berastagi dibuat standar pengelolaan yang berbasis internasional, hal itu perlu diterapkan mengingat kota Berastagi sendiri merupakan salah satu pusat objek wisata terbaik di Sumatera Utara.

“Mengingat Berastagi merupakan salah satu pusat objek wisata terbaik di Sumatera Utara, maka tak ada salahnya standar pengelolaan pasar diberlakukan agar keberadaan pasar semakin berkualitas” ujarnya.

Sejumlah pusat pasar di Berastagi dinilai keberadaanya jorok oleh sejumlah masyarakat. Beberapa pusat pasar yang dimaksud, diantaranya pasar buah buah dekat open stage, pasar pos Inpres, dan pasar sayur mayur roga.