Mengintip Penghasilan Online PewDiePie dari Youtube

Mengintip Penghasilan Online PewDiePie dari Youtube
Felix Arvid Ulf Kjellberg atau lebih dikenal dengan nama PewDiePie di Youtube adalah seorang pria Swedia kelahiran 24 Oktober 1989. Pria yang disebut-sebut sebagai raja Youtube ini dikenal sebagai komentator video game melalui berbagai video yang dia unggah di situs berbagi video milik Google.
Julukan sebagai raja Youtube yang disematkan kepada PewDiePie bermula di tahun 2013 yang lalu. Sejak saat itu hingga sekarang, dirinya dianggap sebagai seorang pengguna Youtube dengan jumlah penonton terbanyak. Tidak tanggung-tanggung setiap video yang diunggah PewDiePie selalu mendapatkan jutaan kali view disitus berbagi video tersebut.
Hingga awal tahun 2015 ini, pria yang juga memiliki pacar bernama Marzia Bisognin dan berprofesi sama dengan dirinya itu telah memiliki 2,212 video di Youtube. Dari sejumlah video tersebut, sejauh ini telah dilihat lebih dari 7,5 miliar kali.
Dari segi pelanggan melalui saluran atau channelnya di Youtube, PewDiePie juga dianggap salah seorang yang memiliki jumlah pelanggan paling banyak, yakni dengan jumlah lebih dari 34 juta pelanggan.
Melalui salah satu kutitapan wawancaranya dengan Wall Street Journal, Felix mengungkapkan bahwa dirinya hanya memainkan game, me-review, dan meng-upload video review tersebut di YouTube. Dari kegiatannya tersebut, dirinya dikabarkan mengantongi uang rata-rata US $4 Juta (lebih dari Rp 40 Miliar) setiap tahunnya. Hampir dari seluruh total penghasilannya tersebut, diterimanya dari iklan yang muncul di videonya.
“Sangat keren saat memiliki pengaruh seperti ini, namun di saat yang sama juga menakutkan,” ungkap Felix dikutip dari wawancaranya. “Saya menjadi bagian sentral dari YouTube sekarang, dan mendapatkan banyak pertanyaan seperti ‘mengapa dia sangat tenar?’,” lanjutnya.
Dari wawancara bersama dengan Wall Street Journal, PewDiePie juga mencoba menganalisa mengapa dirinya begitu populer di Youtube. Menurutnya tak seperti banyak profesi para profesional lainya, dia merasa telah membangun kontak yang lebih dekat dengan para penontonnya, menghilangkan jarak dengan mereka melalui apa yang dapat dilihat melalui sebuah layar.
“Tidak seperti banyak para profesi profesional lainnya, saya merasa telah membangun kontak yang lebih dekat dengan para penonton, menghilangkan jarak antara penonton dengan apa yang terjadi di layar,” ungkapnya.
Selain itu, dirinya juga mengungkapkan alasan dibalik penggunaan nama PewDiePie sebagai channel-nya, yang akhirnya membuat dirinya sangat populer ini. Awalnya, dia menggunakan nama PewDie sebagai nama channel-nya, “Pew” terinspirasi dari suara yang dikeluarkan oleh senapan laser, dan “Die” artinya tewas. Namun karena dia lupa dengan password akun tersebut, akhirnya dia menambahkan nama “Pie” di belakangnya seperti yang kita kenal sekarang.
Terkait dengan ketenarannya sebagai pengguna situs berbagi video Youtube, kini keberadaan studio tempat PewDiePie bernaung, Maker Studio juga telah diakuisisi oleh Disney dengan angka yang cukup fantastis, yakni US $500 juta. Bagaimana, ada yang tertarik untuk mengikuti jejak Felix Kjellberg meraup penghasilan melalui Youtube?