PBSI Kirim Pebulutangkis Muda Anthony Ginting ke Malaysia

PBSI Kirim Pebulutangkis Muda Anthony Ginting ke Malaysia
Dalam rangka proses regenerasi yang terus dilakukan Pengurus Besar (PB) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), kubu Cipayung mengirim tiga pemain andalan masa depan Indonesia ke Malaysia, salah satu diantaranya Anthony Sinisuka Ginting. Di Negeri Jiran tersebut, trio muda ini akan berjibaku pada turnamen Yonex Sunrise Malaysia Masters 2015.

Selain Anthony Ginting, dua pemain muda lainnya yang turut mengikuti turnamen Yonex Sunrise Malaysia Master 2015, yakni Ihsan Maulana Mustofa dan Jonatan Christie. Dalam turnamen ini, ketiganya diharapkan mampu menunjukkan performa terbaik. Turnamen tersebut akan berlangsung hingga 18 Januari 2015 mendatang.

Menurut Pelatih Tunggal Putra Hendry Saputra, ketiga pemain ini sedang diuji coba untuk turnamen yang lebih tinggi dari level mereka. Diharapkan ketiganya mendapatkan target untuk meraih perjalanan semaksimal mungkin dalam turnamen ini.

“Ihsan, Jonatan dan Anthony saat ini mungkin levelnya masih di international challenge atau grand prix. Tapi sekarang saya ingin melihat perkembangan dari hasil latihan selama ini. Kalau levelnya kita tinggikan seperti ini, kita bisa melihat dari segi mental, teknik dan kemampuan. Apakah mereka mampu atau tidak,” kata Hendry, seperti dirilis situs resmi PB PBSI.

Hal yang paling dinilai dan diperhatikan dari ketiga pemain muda ini saat berada di lapangan menurut Hendry adalah dari segi mental dan pikiran mereka. Kedua poin tersebut lanjut Henry merupakan aspek penting yang bisa mempengaruhi perestasi atlet kedepannya di lapangan.

“Kita akan coba dulu, kalau mereka bisa mengimbangi, atau hasilnya bagus, kita bisa coba ulang nantinya. Kalau belum, tentu akan ada evaluasi untuk peningkatan ke depan,” ujarnya.

Mengenai kondisi tiga anak didiknya, Hendry merasa Ihsan, Jonatan dan Anthony sudah berada pada posisi siap untuk bertanding.

“Semoga nanti ketika bermain mereka bisa berkembang dan apa yang dilakukan selama latihan bisa dikeluarkan dengan baik. Untuk target sendiri mereka saya targetkan bisa mencapai 16 besar. Tapi jika harus bertemu unggulan, diharapkan mereka mampu melewatinya dulu, minimal bisa mengimbangi permainan lawan,” tutur Hendry.

Seperti diketahui, pada babak pertama, Ihsan akan berhadapan dengan pemain Thailand, Thammasin Sitthikom, sementara Jonatan akan berhadapan dengan Giap Chin Goh, Malaysia. Adapun Anthony masih harus menunggu lawannya yang akan bertanding di babak kualifikasi.

Selain Ihsan, Jonatan dan Anthony, sebanyak 16 pemain klub Indonesia juga turut ambil bagian dalam turnamen ini, masing-masing yang turut ambil bagian di antaranya Dionysius Hayom Rumbaka, Sony Dwi Kuncoro, Alamsyah Yunus, Andre Kurniawan Tedjono, Evert Sukamta, Thomi Azizan Mahbub, Reksy Aureza Megananda dan Andre Marteen.