Andi Sinulingga Galang Pengumpulan Koin untuk Australia

Andi Sinulingga Galang Pengumpulan Koin untuk Australia
Aksi pengumpulan koin yang bertujuan untuk mengganti bantuan tsunami yang diungkit-ungkit oleh Perdana Menteri Australia Tony Abbott kini semakin meluas. Seperti misalnya di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta hari ini, Minggu (23/2/2014), penggalangan pengumpulan koin  yang digagas oleh Koalisi Pro Indonesia itu tampak diikuti antusias oleh warga masyarakat.
Andi Sinulingga yang tampil sebagai inisiator koin untuk Australia dari koalisi Pro Indonesia mengungkapkan, ini merupakan hari ketiga pengumpulan koin yang sebelumnya sudah dilakukan oleh sejumlah mahasiswa di Aceh. Menurut pria berdarah Suku Karo tersebut, uang koin yang berhasil dikumpulkan nantinya akan diserahkan kepada Kedutaan Besar Australia.
“Melalui aksi pengumpulan koin ini akan menjadi sebuah bukti bila kami masih bisa membayar semua yang telah diberikan Australia untuk Tsunami Aceh,” ujar Andi Sinulingga.
Andi mengungkapkan sejauh ini belum dapat memastikan berapa total koin yang telah terkumpulkan. Namun menurutnya, nilai Rp12 Miliar total bantuan dari Australia diyakini bakal terkumpul dalam waktu dekat.
“Ini untuk menunjukkan kepada mereka bahwa yang butuh Australia bukan hanya Indonesia. Tapi dia juga butuh kita. Banyak warga kita yang dihukum mati di negara lain tapi kita enggak pake ngancem. Kegiatan galang koin akan terus berjalan,” tegas Andi.
Seperti yang terlihat, warga yang mengikuti kegiatan car free day di bundaran HI hari ini tampak antusias melemparkan koin mereka ke atas spanduk yang dipajang sepanjang kira-kira delapan meter tersebut.
Sebelumnya dalam pernyataannya, Tony Abbott pada Rabu (18/2/2015) lalu  mengingatkan kontribusi besar Australia atas tragedi Aceh tahun 2004 silam. Ia meminta Indonesia membayar kemurahan hati itu dengan membatalkan eksekusi dua warganya yang divonis mati dalam kasus perdagangan narkoba di Bali.
Hal ini kemudian memunculkan reaksi dari masyarakat Indonesia untuk mengumpulkan koin mengganti bantuan tsunami yang pernah diberikan Canberra.