Arti dan Makna Shio Kambing di Tahun Baru Imlek 2015

Arti dan Makna Shio Kambing di Tahun Baru Imlek 2015
Tahun baru Imlek tahun ini akan jatuh pada tanggal 19 Februari 2015 besok. Seiring dengan perayaan imlek tahun ini, berbagai ornamen dan hiasan berbentuk kambing sudah mulai banyak terlihat. Hal ini mengemuka, sebab tahun ini merupakan tahun kambing menurut kalender Cina.

Seiring dengan kehadiran tahun kambing pada tahun baru Imlek 2015 ini, lalu apa arti dan maknanya? Seperti yang dijelaskan ahli fengshui dan grafologi Indonesia, Ferry Wong menyatakan tahun kambing akan dimulai pada 19 Februari 2015, seiring dengan dirayakannya tahun baru Imlek.

Menurutnya, kambing diasosiasikan dengan kasih sayang dan rasa berbakti serta sifat-sifat penting yang dianggungkan oleh para cendekiawan masa lalu.

“Tapi sayang, nilai-nilai ini kini tak dianggap baik. Kambing merupakan satu dari 12 binatang dalam sistem kalender Cina yang sering dianggap buruk,” kata Ferry sebagaimana dikutip Sipayo.com dari Tempo.co.

Lebih lanjut Ferry mengatakan, saat ini banyak orang beranggapan anak yang lahir di tahun kambing akan memiliki karakteristik seperti binatang itu.  “Anak kelahiran tahun kambing biasanya jinak dan ditakdirkan untuk menjadi pengikut bukan pemimpin,” kata Ferry.

Meski tidak bisa menjadi pemimpin, Ferry mengatakan bukan berati tidak bisa menjadi orang sukses. Hal ini terbukti, beberapa pesohor yang lahir dengan shio kambing, tapi memiliki prestasi yang gemilang. Diantara tokoh yang terlahir dengan Shio Kambing, yakni Bill Gates, Steve Jobs, Mark Twain, Jay Chou dan Zhang Ziyi.

“Setiap tahun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kambing dinilai memiliki nasib yang terbilang buruk. Satu kepercayaan mengatakan bahwa hanya satu dari 10 orang yang lahir di tahun kambing yang menemukan kebahagiaan,” Ferry menuturkan.

Ferry menambahkan, banyak pula yang meyakini kalau anak kelahiran shio kambing bisa memicu perceraian orang tuanya. Menurut dia, masing-masing shio punya kelebihan dan kekurangan. “Jika kambing disebut shio kurang beruntung, maka shio naga, kuda dan harimau dianggap sebagai shio paling beruntung,” ujarnya.

Selain Ferry Wong, Suhu Naga juga turut memberikan pendapat terkait arti dan makna tahun kambing. Menurutnya, tahun ini merupakan Tahun Kambing Gunung, artinya kambing ini turun gunung, tanduk-tanduknya, tebar pesona.

Lebih lanjut menurut Suhu Naga, sifat tahun Kambing ini adalah feminim. Artinya di tahun ini, sisi feminim kuat dalam segala bidang. Bahkan pada kesempatan yang sama, Suhu Naga juga menyebutkan beberapa hal yang perlu dihindari berkaitan dengan Tahun Kambing.

“Shio Kambing melambangkan sifat feminin dan penyayang. Banyak orang-orang tak mampu akan terangkat bukan semata-mata karena uang tapi karena berbagai bentuk dukungan dari berbagai pihak agar mereka bisa maju,” kata Suhu Naga seperti yang dikutip dari Liputan6.com.

Sementara tentang berbagai hal hal yang perlu dihindari, Suhu Naga mengatakan bahwa akan terjadi bencana-bencana yang terkait dengan tanah. Hal ini berkaitan dengan tahun Kambing gunung yang turun. Selain bencana tanah, akan ada juga bencana air, dan udara. Menurut Suhu Naga, saat hujan harus lebih waspada dalam menggunakan transportasi penerbangan dan bila perlu dihindari.