Cara Menggunakan BBM di PC dengan BlackBerry Blend

Cara Menggunakan BBM di PC dengan BlackBerry Blend
BlackBerry Messenger (BBM) secara resmi akhirnya hadir melalui komputer komputer (PC) atau tablet. Penerimaan dan pengiriman pesan BBM pun saat ini sudah bisa dilakukan lewat desktop. Hal tersebut bersamaan dengan dirilisnya sistem operasi versi 10.3.1 ke sejumlah perangkat BlackBerry 10.
Pembaruan sistem operasi ini sekaligus menghadirkan fitur baru, termasuk diantaranya dukungan BlackBerry Blend, yakni aplikasi untuk PC (desktop), laptop, dan tablet yang dapat terhubung ke ponsel BlackBerry melalui koneksi selular, Wi-Fi atau USB.
Melalui software BalckBerry Blend, pengguna perangkat BlackBerry 10 sudah bisa mengakses aneka fungsi pengiriman pesan singkat, seperti SMS dan BBM melalui komputer atau tablet. Dengan perangkat ini, penerimaan dan pengiriman pesan BBM dapat dilakukan melalui desktop.
Lalu bagaimana cara menggunakan BBM di PC melalui software BlackBerry Blend? Hal pertama yang dilakukan adalah meng-instal aplikasi Blend untuk platform PC. Software tersebut tersedia secara gratis dan dapat diunduh secara gratis melalui tautan berikut disini (untuk Windows) dan tautan disini (untuk Mac).
Besaran file instalasi Blend untuk komputer ini memang cukup lumayan besar, yakni 153 megabyte untuk versi Windows, dan 122 megabyte untuk Blend versi Mac. Setelah Blend diunduh dan di-instal, kemudian pengguna sudah dapat langsung terhubung ke perangkat BlackBerry 10.
Sebelum melakukannya, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa persyaratan mutlak agar fitur tersebut dapat digunakan. Salah satu syaratnya, pastikan bahwa OS di perangkat BlackBerry sudah diperbarui atau di versi 10.3.1. Kemudian, perangkat tersebut harus terhubung ke internet, entah itu melalui jaringan Wi-Fi atau seluler. Selain itu, aplikasi Blend versi terbaru di perangkat BlackBerry 10 mutlak harus dimiliki.
Sementara untuk perangkat BlackBerry Blend bisa digunakan di komputer yang menjalankan Windows 7/ Mac OS X 10.7 atau yang lebih baru. Setelah persyaratan dipenuhi, pengguna sudah bisa langsung menghubungkan perangkat ke komputer. Ada dua cara untuk melakukan hal tersebut, menggunakan kabel USB atau jaringan seluler.