Cara Merawat Rambut Kering Secara Tradisional

Cara Merawat Rambut Kering Secara Tradisional
Rambut kering telah menjadi salah satu momok bagi seorang wanita, keberadaanya yang lebih sulit diatur dan mudah kusut, juga tak jarang akan terlihat kusam dan bahkan bercabang. Bila hal ini dibiarkan secara berlarut-larut, maka bukan tidak mungkin akan meyebabkan kerontokan rambut yang parah.

Berbagai hal penyebab rambut kering dapat terjadi, diantaranya karena polusi, panas matahari, bahan kimia dalam produk, bahkan diakibatkan karena program diet yang buruk.

Ketika Anda sedang mengalami masalah dengan rambut kering, maka ini tak boleh dibiarkan berlarut-larut. Namun juga jangan terlalu merasa khawatir, karena keberadaanya dapat diatasi dengan berbagai cara alami dan tradisional. Berikut ini adalah tips cara merawat rambut kering secara tradisional yang dikutip Sipayo.com dari Health Me Up.

1. Menjaga Kelembapan Rambut
Ketika Anda memiliki rambut kering, maka hal ini membutuhkan perawatan khusus untuk mengatasinya secara ekstra. Salah satunya adalah memberikan nutrisi atau pelembab secara ekstra. Sehabis keramas, rambut akan kehilangan kelembapan dan nutrisi, untuk mengatasi hal demikian sangat penting perawatan ekstra setelah keramas. Disini Anda dapat menggunakan hair spa atau memberikan minyak agar keberadaan rambut tetap lembap.

2. Memperbaiki Nutrisi Tubuh
Memperbaiki rambut kering tidak hanya dapat dilakukan dari luar, tetapi juga dari dalam. Mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi juga sangat penting dalam menjaga kesehatan rambut Anda. Melakukan gaya hidup sehat dan seimbang seperti berolahraga secara teratur atau tidur cukup juga bagus untuk rambut. Kebiasaan buruk seperti merokok atau minum alkohol juga dapat menyebabkan rambut menjadi kering yang berdampak buruk bagi rambut Anda.

3. Mengkonsumsi Makanan Kaya Biotin
Biotin merupakan salah satu vitamin yang dikenal sangat penting bagi kesehatan rambut. Vitamin tersebut juga sangat dibutuhkan dalam mendukung kulit dan rambut yang sehat. Konsumsi makanan yang banyak mengandung biotin, seperti biji bunga matahari, walnut, buncis, oat, dan kedelai. Hal ini juga tentunya akan membantu Anda untuk mengatasi rambut kering dan kusam.

4. Mengkonsumsi Asam Folat

Selain biotin, asam folat dan mineral lain juga sangat penting untuk menunjang pertumbuhan rambut. Anda dapat mengkonsumsi asam lemak yang berasal dari ikan seperti salmon dan tuna. Asam lemak dari ikan ini sangat direkomendasikan untuk membantu Anda mengatasi rambut kering dan rusak. Selain itu asam folat juga akan berfungsi memperbaiki tekstur rambut Anda.

5. Pasta Tomat Sebagai Masker Rambut
Untuk mengatasi rambut kering, Anda juga dapat menerapkan pasta tomat sebagai masker rambut alami. Dengan menerapkan ini secara rutin, sehingga dapat meningkatkan pH rambut Anda secara alami.

Demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat rambut kering. Memberikan perawatan ekstra baik dari luar maupun dari dalam sangat penting untuk menumbuhkan rambut sehat dan cantik.