Perpanjang SIM Secara Online Hadir 1 Juli 2015

Perpanjang SIM Secara Online Hadir 1 Juli 2015
Dalam rangka perwujudan dari pelayanan prima sekaligus mempermudah masyarakat melakukan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM), Mabes Polri berencana akan membuat program terintegrasi pelayanan secara nasional dengan sistem online. Program terintegrasi pelayanan perpanjangan masa berlaku SIM ini rencananya akan hadir pada 1 Juli 2015 mendatang.
Menurut keterangan pers Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Condro Kirono, Selasa (10/2/2015), program perpanjangan SIM secara online merupakan perwujudan dari pelayanan prima kepada masyarakat, negara, dan pemerintah.
“Hal ini merupakan perwujudan dari pelayanan prima kepada masyarakat, negara, pemerintah. Polri hadir disini untuk mempermudah masyarakat yang tinggal jauh dari asalnya,” katanya.
Lebih lanjut menurut Condro, data online tersebut juga bakal terintegrasi dengan data pelanggaran, data kecelakaan lalulintas, serta kriminalitas. Namun demikian, menurutnya untuk pengajuan SIM baru, harus tetap di wilayah asal KTP Pemohon.
“Permohonan SIM merupakan syarat kompetensi melalui tahapan ujian teori dan praktek. Untuk itu diperlukan lahan-lahan yang cukup disetiap Polres,” jelasnya.
Disinggung mengenai manfaat lain dari layanan SIM online, Condro menyatakan langkah ini dilakukan untuk mempermudah pemilik SIM dalam mengurus perpanjangan, terutama kepada mereka yang berada di luar kota tempat SIM tersebut dirilis.
“Masyarakat bisa melakukan perpanjangan SIM di manapun berada. Ini untuk mempermudah masyarakat yang tinggal jauh dari tempat tinggal asalnya” kata Condro.
Seperti diketahui, Daerah Istimewa Yogyakarta telah terpilih menjadi daerah pertama yang melayanani perpanjangan SIM secara online, sementara Korps Lalu Lintas Polri bakal memperluas layanan tersebut di 34 provinsi di Indonesia mulai 1 Juli 2015 mendatang.