Profil Hany Meiyana Sembiring di Puteri Indonesia 2015

Profil Hany Meiyana Sembiring di Puteri Indonesia 2015
Masyarakat Suku Karo, khusus merga Sembiring patut berbangga. Pasalnya hingga kini terdapat tiga orang Karo di ajang kontes kecantikan yang telah diselenggarkan sejak 1992 tersebut. Uniknya, ketiga kontestan orang Karo di Puteri Indonesia adalah beru Sembiring, masing-masing yakni Mega Sembiring sebagai finalis Puteri Indonesia 2014, dan untuk tahun 2015 ada Hany Meiyana Sembiring dan Jeyskia Ayunda Sembiring.
Bila tahun 2014 lalu Mega Sembiring merupakan wakil Sumatera Utara di Puteri Indonesia. Pada tahun ini, kedua beru Sembiring masing-masing mewakili daerah lain, yakni Hany Meiyana Sembiring sebagai wakil provinsi Bengkulu dan Jeyskia Ayunda Sembiring merupakan wakil provinsi Aceh.
Khusus Hany Meiyana, gadis kelahiran Bengkulu, 8 Mei 1995 ini sebenarnya telah bercita-cita menjadi Puteri Indonesia sejak tiga tahun lalu. Untuk mewujudkan cita-citanya tersebut, putri dari pasangan Barnabas Sembiring dan Ida Paulina ini telah menjajal beberapa pemilihan modeling. Uniknya, disetiap pemilihan tersebut Hany selalu mampu keluar sebagai juara.
Berbagai gelar berhasil diraih Hany pada ajang modeling yang diikutinya selama ini, diantaranya sebagai Runner Up 1 Gadis Rafflesia Provinsi Bengkulu 2011 dan Runner Up 1 Top Model Provinsi Bengkulu. Masing-masing penghargaan tersebut, sekaligus telah menjadi modal bagi dirinya untuk melangkahkan kaki ke ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2015.
Pada tahun 2014 yang lalu, Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Riau ini tercatat pula sebagai Duta Fisip Universitas Riau. Tidak hanya sampai disitu, Hany yang memiliki concern terhadap masalah penularan HIV AIDS dan narkoba tersebut, juga tercatat sebagai Duta HIV AIDS Provinsi Bengkulu.
“Sebagai generasi muda, saya berkewajiban untuk mengajak teman-teman untuk dapat hidup sehat dan bebas dari narkoba dan pergaulan bebas. Selain itu dengan menjadi Duta HIV AIDS saya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa virus HIV AIDS tidak dapat tertular melalui sentuhan, karena masih banyak yang beranggapan jika virus HIV AIDS dapat tertular lewat jabat tangah atau sentuhan sehingga banyak ODHA yang dikucilkan dari pergaulannya,” ungkap Hany seperti dikutip Sipayo.com dari lamaan situs Puteri Indonesia.
Mengenai persiapannya menghadapi ajang Puteri Indonesia 2015, Hany mengaku sedang melatih tari persambahan yang akan dibawanya pada malam bakat nanti. Selain itu gadis berusia 19 tahun ini juga mengaku tengah giat melatih public speaking, sehingga saat berada di karantina ia tidak gugup ketika berbicara dengan sesama para finalis dan speaker yang akan memberi pembekalan.
“Public Speaking menjaid hobi saya, apalagi sebagai seorang mahasiswi Hubungan Internasional, kemampuan public speaking menjadi bekal utama di ajang pemilihan Puteri Indonesia 2015,” ujar Hany penuh semangat.

Hany Meiyana Sembiring Juara Pemilihan Puteri Indonesia Bengkulu 2014