Rinto Harahap Meninggal Dunia Karena Penyakit Kanker

Rinto Harahap Meninggal Dunia Karena Penyakit Kanker
Penyanyi dan pencipta lagu Rinto Harahap meninggal dunia di RS Mount Elizabeth, Singapura, Senin (9/2/2014) sekitar pukul 22.50 waktu setempat. Musisi kelahiran Sibolga tersebut meninggal pada usia 65 tahun karena penyakit kanker yang dideritanya.
“Innalilahi wa innalilahi rojiun telah meninggal dunia Rinto Harahap jam 23.00 waktu Singapore, di RS Mount Elizabeth, karena kanker stadium 4,” demikian pesan berantai di media sosial yang tersebar menginformasikan kepergian penyanyi era tahun 80-an tersebut.
Sementara Ulin Ni’am Yusron, seorang kerabat Ratna Harahap putri mendiang Rinto Harahap juga menginformasikan melalui akun Facebooknya tentang kepergian Rinto. Menurut Yusron, jenazah akan dibawa ke Jakarta pada esok hari dari Singapura.
“Jenazah almarhum akan dibawa kembali ke Tanah Air besok Selasa (10/2). Kiranya keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan penghiburan,” tulis Ulin Yusron dalam akun Facebooknya.
Sementara itu, menurut keterangan salah seorang kerabat Rinto lainnya bernama Yos, menyatakan Rinto selama ini sudah susah bicara dan sulit makan akibat penyakit kanker tulang belakang yang dideritanya. Meski demikian, pria berdarah Batak tersebut tetap semangat. Bahkan, Rinto juga sempat menulis keinginannya dalam sebuah kertas.
“Bicaranya memang sudah susah, nggak begitu jelas. Jadi, dia menulis di kertas soal keinginannya menciptakan lagu baru,” kata Yos seperti yang dikutip Sipayo.com dari lamaan viva.co.id.
Lebih lanjut, Yos mengatakan bahwa Rinto tetap ingin membuat karya seperti lagu-lagu sebelumnya yang sendu dan menyayat hati. Menurut Yos, saat bicara soal musik, Rinto selalu penuh semangat.
Seperti diketahui, Rinto yang lahir di Sibolga, Sumatera Utara, 10 Maret 1949, ini adalah penyanyi, pencipta lagu, dan produser yang pernah mendirikan grup band The Mercy’s tahun 1970-an bersama Charles Hutagalung dan Reynold Panggabean.
Selain dikenal sebagai komposer andal, Rinto yang mempunyai perusahaan recording ‘Lolypop’ di tahun 1970-an itu, juga banyak menelurkan penyanyi Indonesia yang populer berkat lagu ciptaannya, seperti Nia Daniati, Betharia Sonata, Christine Panjaitan, Iis Sugianto dan Eddy Silitonga.