Berita Olga Syahputra Meninggal Gegerkan Indonesia

Berita Olga Syahputra Meninggal Gegerkan Indonesia

Meski dalam kurun setahun terakhir Olga Syahputra atau yang bernama asli Yoga Syahputra yang dikenal sebagai aktor, presenter, sekaligus komedia Indonesia sudah tidak aktif lagi di panggung hiburan tanah air karena harus menjalani perawatan di rumah sakit Singapura akibat penyakit meningitis yang dideritanya. Namun kepopuleran Olga ternyata masih sangat luar biasa besar di mata masyarakat Indonesia.

Hal ini dapat diketahui dari ribuan berita terkait meninggalnya Olga Syahputra yang dirilis oleh sejumlah media online di Indonesia, dimana tampak seluruh pemberitaan tersebut menjadi trending topik, bahkan dibaca lebih dari batas kewajaran, sepertihalnya berita-berita lain yang pernah menjadi trending di portal-portal online terbesar di Indonesia.

Setidaknya menurut Alexa.com, yakni salah satu situs yang mengukur tentang popularitas seluruh website, maka di Indonesia saat ini terdapat tiga portal online terbesar, yakni Kompas.com, detik.com, dan liputan6.com. Dari masing-masing portal online terbesar ini dua diantaranya, yaitu Kompas.com dan Liputan6.com menunjukkan berita paling populer dalam sehari penuh, sementara untuk detik.com hanya menunjukkan berita populer secara real time.

Dari situs Kompas.com dan Liputan6.com, kita dapat mengetahui bahwa dalam sehari penuh, tepatnya saat hari pemakaman Olga Syahputra, Sabtu (28/03/2015) terlihat bahwa seluruh berita populer adalah tentang meninggalnya artis serba bisa kelahiran 8 Februari 1983 tersebut.

Di situs Kompas.com misalnya terlihat ada enam berita trending yang seluruhnya adalah tentang meninggalnya Olga Syahputra, yaitu berita berapa estimasi biaya perawatan Olga selama dirawat di singapura, prosesi pemakaman Olga Syahputra, pesan terakhir Olga Syahputra untuk adiknya, faktor meningkatnya resiko tertula penyakit meningtis, Luna Maya yang nyaris pingsan saat pemakaman Olga, dan pengenalan penyakit meningtis.

Adapun dari keseluruhan berita trending di Kompas paling terendah dibaca lebih dari 90 ribu kali. Sementara berita yang paling populer yang mengangkat tentang perkiraan seberapa besar perawatan Olga selama di Singapura bahkan dibaca lebih dari 408 ribu kali.

Begitu pula di situs liputan6.com, dari 10 berita paling populer pada hari pemakaman Olga Syahputra, keseluruhan berita yang menjadi trending tersebut semuanya terkait dengan presenter yang tutup usia pada umur 32 tahun tersebut. Berita paling populer di Liputan6.com terlihat dibaca lebih dari 293 ribu kali, sementara berita trending paling akhir dibaca lebih dari 65 ribu kali.

Selain dari kedua media di atas, baik di Google Trend dan di Twitter, keberadaan berita-berita seputar meninggalnya Olga Syahputra tampil mendominasi sebagai trending topik dalam kurun dua hari terakhir.

Ketika diminta tanggapannya terkait berita meninggalanya Olga Syahputra, pengamat media sosial Alexander Firdaust Meliala mengatakan ini merupakan sebuah fenomena di Indonesia. Ketika Olga masih aktif di panggung hiburan, keberadaanya memang tak terlepas dari kritik masyarakat terkait pernyataanya-pernyataan Olga di stasiun televisi yang kerap dianggap terlalu berlebihan.

“Ketika masih aktif di panggung hiburan Indonesia, keberadaan Olga Syahputra memang kerap mendapatkan kritik melalui media sosial oleh masyarakat terkait pernyataanya yang dianggap terlalu berlebihan bahkan cenderung kasar. Namun ketika beliau meninggal dunia, maka banyak juga diantara para tukang kritik tersebut merasa kehilangan,” ujar Alexander kepada Sipayo.com melalui pesan elektroniknya.