6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami
Pikiran terganggu dan sering lupa terhadap sesuatu memang menjadi salah satu momok yang menakutkan, khususnya bagi seorang pelajar atau mahasiswa. Sebab keberhasilan akademik seseorang sangat berkaitan dengan seberapa besar kemampuannya dalam menyerap dan mempertahankan informasi yang dia dapatkan.
Selain itu, memiliki ingatan yang kuat juga bermanfaat ketika seseorang akan memasuki dunia kerja setelah menyelesaikan masa pendidikannya, sehingga berbagai cara meningkatkan daya ingat ini kerap ditempuh sepertihalnya mengkonsumsi obat peningkat daya ingat otak.
Sebenarnya ada cara-cara meningkakan daya ingat secara alami yang dapat dilakukan tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan. Berikut ini secara lengkap akan dijelaskan 6 cara meningkatkan daya ingat Anda, berikut penjelasannya:
1. Aktif belajar
Dalam rangka mengingat konsep, Anda harus melatih diri untuk belajar aktif. Bila Anda pasif dalam kebiasaan belajar, maka akan sulit untuk mengingat apa yang dibaca. Salah satu cara untuk mempertahankan memori Anda terhadap suatu informasi adalah dengan mengajarkan kembali pelajaran yang Anda pahami kepada teman-teman Anda. Cara lainnya dapat dilakukan dengan menerapkan kegiatan kelompok belajar. Dengan menerapkan strategi belajar aktif, membuat kemampuan daya ingat memori Anda akan semakin tajam.
2. Gunakan media gambar untuk meningkatkan daya ingat
Perlu dipahami bahwa mengingat gambar ternyata lebih mudah daripada teks buku. Dalam hal ini media visualisasi merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengingat informasi dibandingkan melalui proses baca atau diucapkan. Dalam menerapkan hal ini, ingatlah sebuah visual atau gambar dalam pikiran Anda secara abstrak. Informasi yang diterima secara visualisasi akan membekas dalam pikiran, sehingga meningkatkan kemungkinan untuk mengingatnya.
3. Mengatur informasi
Dalam rangka mempertahankan informasi dalam memori, maka cara yang dapat dilakukan adalah mengorganisir ingatan dalam beberapa kategori. Cara ini akan mempermudah dalam mengingat sesuatu. Misalnya, ketika Anda mencoba mengingat kosa kata bahasa asing, kategorikanlah sesuai jenis atau memiliki arti yang serupa. Informasi akan lebih mudah dicerna jika diterima secara teratur daripada informasi yang acak.
4. Menyaring informasi
Siswa kadang kala tak dapat mengerti bagaimana mengelola informasi yang masuk ke dalam memori mereka. Banyak informasi yang tak jelas atau membingungkan kerap tertanam dalam ingatan. Untuk mengingat informasi baru yang disajikan kepada Anda, rangkumlah kembali seluruh informasi tersebut menggunakan kata-kata sendiri. Bila Anda tidak dapat melakukan hal tersebut, maka ini merupakan pertanda bahwa Anda tidak memahami sama sekali materi yang diberikan. Bila ini terjadi, maka coba kembali untuk mempelajari materi hingga Anda dapat benar-benar memahami.
5. Gunakan akronim untuk mengingat
Banyak siswa lebih mudah menghafal pelajaran menggunakan singkatan ketika menghafal fakta. Setiap huruf mewakili sebuah kata dalam kalimat terpisah. Misalnya, FBI singkatan dari Biro Investigasi Federal. Dalam hal ini akronim tidak harus menjadi kata-kata yang nyata.
6. Sering meninjau ulang informasi
Banyak dari kalangan siswa yang belajar dengan ‘sistem kebut semalam’. Perlu dipahami bahwa menjejalkan segala informasi untuk diingat dalam satu waktu merupakan kebiasan yang tidak baik. Kunci untuk retensi memori adalah dengan cara sering meninjau ulang catatan dan bahan studi mingguan. Melalui riview yang dilakukan secara berulang, membuat Anda akan mulai menyimpan informasi efektif yang telah dipelajari sebelumnya.
Demikianlah 6 cara meningkatkan daya ingat yang dapat Anda terapkan secara alami. Semoga informasi yang kami sajikan diatas benar-benar dapat membantu Anda untuk meningkatkan daya ingat dalam rangka menunjang pendidikan Anda. Selamat mencoba…