Fans Page Facebook Jonru Ginting Ditutup

Fans Page Facebook Jonru Ginting Ditutup
Jon Riah Ukur Ginting (Jonru) merupakan seorang penulis dan aktivis media sosial yang namanya mulai melambung sejak kampanye Pemilihan Presiden pertengahan tahun 2014 lalu. Berbagai statusnya di Facebook yang acap kali mengkritisi pencalonan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden kala itu, langsung menimbulkan pro dan kontra. Pro dan kontra yang mengemuka inilah yang kemudian membuat nama Jonru Ginting dari hari ke hari semakin melejit.

Setelah Jokowi ditetapkan sebagai Presiden Republik Indonesia yang ke-7, sikap Jonru tetap pada pendirian semula. Status yang ditulisnya tetap menyinggung berbagai kebijakan Presiden Jokowi. Terkait dengan sikapnya tersebut, keberadaan halaman Fans Page Jonru di Facebook kian hari, semakin banyak yang mengikuti. Hingga terakhir Sipayo.com menelusuri lamaan tersebut sekitar seminggu yang lalu, jumlah pengikutinya telah mencapai lebih dari 430 ribu.

Pada Minggu (22/03/2015) malam, tanpa sengaja Sipayo.com membaca sebuah status di salah satu grup Facebook. Melalui status tersebut, disebutkan bahwa Fans Page Facebook Jonru Ginting telah dihapus dan ditutup oleh pihak Facebook. Penasaran dengan informasi tersebut, akhirnya Sipayo.com mencoba mengunjungi halaman yang berlamat di www.facebook.com/jonru.page, dan sebagai hasilnya halaman tersebut memang tak dapat lagi ditemukan.

Sebelumnya pada bulan Oktober 2014 yang lalu, sempat juga mengemuka sebuah petisi agar Fans Page Facebook Jonru Ginting ditutup karena dianggap sebagai provokator. Petisi yang dibuat di situs change.org tersebut sempat pula mendapatkan tanggapan dari Jonru Ginting melalui halaman Facebooknya. Menurut Jonru ketika itu, jika dirinya memang benar dianggap sebagai provokator, tinggal dilaporkan ke polisi. Pelaporannya juga harus disertai dengan bukti yang kuat.

“Bagi saya sih simpel saja: Jika memang benar saya provokator, tukang fitnah, pemecah belah bangsa, coba laporkan saja ke polisi, disertai bukti-bukti yang kuat. Sebab kalau tuduhan Anda itu benar, saya yakin polisi akan dengan senang hati memproses pengaduan Anda,” demikian saat itu tanggapan dari Jonru menanggapi keberadaan Facebooknya yang dipetisi agar ditutup oleh pihak pemilik Facebook.

Lalu apakah memang benar halaman Fans Page Facebook Jonru Ginting telah resmi ditutup oleh pihak pemilik Facebook sejak Minggu (22/03/2015) malam? Sejauh ini belum ada tanggapan resmi yang didapatkan Sipayo.com dari pihak Jonru. Sementara yang terlihat, pihak-pihak yang bersebrangan pendapat dengan Jonru selama ini tampaknya sangat bersukacita atas hilangnya halaman Fans Page Facebook tersebut.

“Sebuah berita duka datang kepada fans Jonru Ginting, sebab Fans Page Facebooknya secara resmi telah ditutup oleh Facebook,” demikian salah satu status pengguna Facebook mengabarkan keberadaan halaman Fans Page Jonru yang telah hilang tersebut. Status tersebut juga mendapatkan pulungan komentar dengan berbagai tanggapan-tanggapan yang bernada senang atas hilangnya halaman Facebook kontroversional yang dibuat Jonru Ginting.