Fly Over Jamin Ginting Diresmikan Menteri Pekerjaan Umum

Fly Over Jamin Ginting Diresmikan Menteri Pekerjaan Umum
Fly Over Jamin Ginting yang berada di Simpang Pos, Padang Bulan, Medan telah diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Muljono, Sabtu (28/2/2015). Peresmian tersebut dilakukan di sela seminar sehari tentang konektivitas jalan yang diselenggarakan DPD Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) di Hotel Santika Medan.
Acara peresmian Fly Over Jamin Ginting ditandai dengan menekan sirene yang dilakukan secara bersamaan oleh menteri, Gubsu Gatot Pujo Nugroho, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Dirjen Bina Marga Djoko Murjianto yang juga Ketua DPP HPJI. Juga diikuti Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba dan Ketua DPD HPJI Sumut Umar Zunaidi Hasibuan. Kemudian Menteri yang menandatangani prasasti.
Seperti diketahui, Fly over Jamin Ginting yang terletak di Kawasan Simpang Pos dibangun dengan tujuan untuk mengurai tingkat kepadatan lalu lintas di Kota Medan, khususnya di Simpang Pos, dimana selama ini kawasan itu terkenal macet.
Jika menuju arah Berastagi Tanah Karo, ke Terminal Amplas di Jalan Sisingamangaraja, dan ke arah Tanjung Sari hingga Pinang, selalu terjebak di persimpangan Jalan Jamin Ginting, AH Nasution dan Ngumban Surbakti itu.
Dengan pembangunan fly over dikawan tersebut, biaya ekonomi tinggi akibat padatnya arus lalu lintas itu, dapat ditekan sehingga memacu akselerasi pertumbuhan ekonomi Sumut umumnya dan Kota Medan khususnya.
Fly over itu dibangun oleh PT Wijaya Karya dan PT Pembangunan Perumahan dengan menggunakan dana dari APBN senilai total Rp 101,43 miliar, yang dimulai sejak Juli 2012 dan rampung di Januari 2015.
Sesuai dalam kontrak proyek itu, kontraktor pelaksana WIKA dan PP tersebut masih bertanggung jawab untuk pemeliharaannya. Masa pemeliharaannya terhitung 95 hari. Artinya segala kerusakan dalam masa pemeliharaan masih tanggung jawab WIKA dan PP. Fly over itu memiki panjang 625 meter dengan lebar 17,8 meter, dilengkapi lampu penerangan, pagar pengaman dan taman berikut rambu-rambu lalu lintasnya.
Sebelumnya Fly Over Jamin Ginting itu merupakan program Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Medan, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR tahun 2012. Sebelumnya sudah terdapat dua fly over di Kota Medan, yakni Fly Over Pulo Brayan dan fly over Amplas.