3 Orang Karo Ilmuwan Terbaik Indonesia Versi Webometrics

3 Orang Karo Ilmuwan Terbaik Indonesia Versi Webometrics
Webometrics, yaitu salah satu lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol dan berperan dalam mengukur kemajuan perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh dunia kembali merilis perangkingan ilmuawan sedunia dan juga Indonesia. Dari sekitar 500 nama ilmuwan terbaik di Indonesia yang dirilis, 3 diantaranya adalah orang Karo.
Seperti yang dikutip Sipayo.com dari lamaan www.webometrics.info, Jumat (06/03/2015), data para ilmuwan tersebut diurut berdasarkan database beragam penelitian yang mereka lakukan dan masuk dalam Google Scholar Citation (GSC).
Adapun profil para peneliti di Google Scholar berisi daftar semua tulisan seorang penulis, baik berupa buku, makalah atau artikel dan ditambah dengan penilaian tulisan yang dikutip oleh penulis lain. Tulisan karya penulis tersebut diacu berdasarkan referensi yang disebutkan dalam daftar pustaka.
Ketiga orang Karo yang masuk dalam daftar sekitar 500 ilmuwan terbaik Indonesia, diantaranya adalah Pringati Singarimbun dari Universitas Diponegoro yang menempati peringkat ke-54 dengan jumlah karya ilmiah sebanyak 13 publikasi dan dikutip sebanyak 453 kali. Kemudian ada nama Robinson Tarigan dari Universitas Sumatera Utara dengan jumlah karya ilmiah sebanyak 6 publikasi dan dikutip 518 kali.
Selain itu, adapula nama Adrianus Meliala dari Universitas Indonesia yang menempati posisi 411 dengan jumlah publikasi karya ilmiah sebanyak 6 dan dikutip sebanyak 88 kali.
Meski hanya diketahui sebanyak 3 orang Karo yang masuk dalam daftar ini, namun tidak tertutup kemungkinan masih ada orang Karo lainnya yang terdaftar sebagai ilmuwan terbaik di Indonesia. Hal ini dapat terjadi karena mengingat ada juga sebagian ilmuwan Karo yang kemungkinan tidak mencantumkan merga mereka dibelakang nama.