Rafi Ginting Korban Kericuhan Kongres PAN di Bali

Rafi Ginting Korban Kericuhan Kongres PAN di Bali
Rapat pembahasan tata tertib di Kongres IV Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Minggu (1/3/2015), berlangsung ricuh. Agenda pembahasan yang beralih meributkan soal keabsahan peserta tersebut mengakibatkan seorang Delegasi asal Kabanjahe bernama M. Rafi Ginting terluka akibat terkena lemparan kursi.
Rapat itu sebetulnya tertutup untuk umum, sehingga awak media tidak dapat menyaksikan dinamika rapat pertama yang dimulai sejak pagi ini. Di tengah berlangsungnya rapat, seorang peserta tiba-tiba tampak dibopong keluar dengan luka pada bagian kepala.
“Saudara kita dari Kabanjahe, Sumut. Dia sebenarnya tidak mengerti apa-apa, kesambar kursi,” kata Wasekjen PAN Lasmi Aspar di depan ruang rapat kepada wartawan.
Sementara ketua DPP Bara Hasibuan mengatakan, kericuhan yang sempat terjadi itu karena masalah kepesertaan. Pengurus daerah saling klaim sebagai pengurus yang sah dan berhak memilih di Kongres ini.
“Jadi memang ada beberapa peserta yang statusnya sementara, semacam kesimpangsiuran status dari beberapa provinsi yang menyebabkan suasana panas,” ucap Bara.
Akibat kericuhan yang berujung luka itu, rapat kemudian di skors dan seluruh pimpinan rapat ke luar. Bara mengatakan, Steering Comittee Kongres IV PA langsung rapat menyangkut beberpa masukan di dalam.
Sementara itu, Rapi Ginting yang terluka pada bagian kepala tampak keluar setelah mendapat perawatan. Terdapat pin Zulkifli Hasan di bajunya, sementara luka itu terdapat di kepala bagian kanan bawah. Dia diantar Timses Zulkifli, Teguh Juwarno ke luar hotel.