Banjir Lahar Dingin Sinabung Terjang Desa Perbaji

Banjir Lahar Dingin Sinabung Terjang Desa Perbaji
Banjir lahar dingin dari puncak Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali terjadi, Minggu (12/4/2015) mulai pukul 13.00 hingga pukul 15.45 WIB dan melanda sejumlah desa di lereng gunung. Beberapa desa yang terkena dampak banjir lahar dingin, diantaranya Desa Bakerah, Sukatendel, dan Perbaji.

Dampak banjir lahar dingin sangat terasa di Desa Perbaji, bahkan nyaris menghayutkan rumah warga. Banjir berupa air, lumpur, batu-batuan dan sejumlah pepohonan yang turut hanyut sempat merobohkan lost (balai desa), serta menghanyutkan alat-alat dapur desa.

Terkait peristiwa tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana telah terjun meninjau ke lokasi yang terkena dampak lahar dingin di Desa Perbaji, Minggu (12/4/2015) malam.

Dalam kunjungannya, Bupati Karo mengatakan bakal langsung melakukan pembersihan di Desa Perbaji. Sementara, untuk jembatan akses penghubung ke Desa Mardingding yang turut ambruk di terjang banjir lahar dingin, menurut Bupati akan segera dibangun jembatan alternatif.

“Mobil pemadam sudah diturunkan untuk membersihkan sebagian rumah warga di Desa Perbaji, pemerintah juga akan memfasilitasi pertemuan dengan warga untuk melaksanakan gotong royong bersama. Untuk bekal warga, seperti beras besok juga akan disalurkan. Sementara untuk Desa Mardingding besok dibuat jembatan altenatifnya,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Terkelin juga mengimbau kepada warga agar lebih meningkatkan kewaspadaan. Terlebih, pada kondisi bencana seperti sekarang ini. Ia juga mengharapkan peran serta masyarakat dalam mengurangi risiko bencana yang dapat ditimbulkan.