Ahmad Basarah Terpilih Sebagai Ketua Persatuan Alumni GMNI

Ahmad Basarah Terpilih Sebagai Ketua Persatuan Alumni GMNI

Sipayo.com – Ahmad Basarah akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) periode 2015-2020 melalui kongres III yang digelar di  Kemayoran, Jakarta, Sabtu (8/8/2015) dini hari. Basarah akan menggantikan politisi Partai Demokrat yang juga Gubernur Jawa Timur Soekarwo.
Dari sisi sosok, munculnya nama Basarah yang juga sedang menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memang tak mengejutkan. Namun dilihat dari jadwal kongres, terpilihnya ketua secara cepat ini di luar jadwal.
Dalam sidang pleno pertama pada Jumat (7/8) malam, 27 Pengurus Daerah PA GMNI langsung mengusulkan dan meminta Basarah bersedia dicalonkan menjadi ketua umum. 
Melihat seluruh PD PA GMNI mengusulkan nama Basarah, akhirnya pimpinan sidang Andreas Pareira menanyakan apakah Ahmad Basarah dapat ditetapkan langsung sebagai Ketua Umum. “Seluruh peserta sidang pleno kemudian secara bulat menyatakan persetujuannya,” ujar Ketua Sidang Pleno Kongres III, Riad Oscha Chaliq, Sabtu (8/8/2015) pagi.
Lebih lanjut Riad mengatakan, kongres akan ditutup pada, Minggu (9/8/2015) dimana salah satu agendannya adalah menetapkan formatur kongres dan penyampaian sikap politik kongres.
Sementara itu, salah satu tokoh muda Karo Oki Teger Bangun yang juga merupakan alumni GMNI tampak turut hadir di Kongres III PA GMNI yang berlangsung di Kemayoran, Jakarta. Oki Bangun hadir di kongres tersebut dalam rangka mewakili Alumni GMNI yang berasal dari Sumatera Utara.