Alasan Mengapa Manusia Perlu Tidur lebih 6 Jam

Alasan Mengapa Manusia Perlu Tidur lebih 6 Jam
Sipayo.com – Semua kita pasti tahu bahwa tidur adalah sebuah kebutuhan manusia. Tidur perlu untuk memulihakn tenaga dan menhilangkan rasa lelah setelah beraktifitas seharian.
 
Jumlah waktu tidur seseorang juga berbeda-beda, ada yang 6 jam, 8 jam, dan bahkan ada hanya perlu 4 jam. Namun yang normal, manusia itu butuh waktu minimal 6 jam untuk tidur.
 
Tahukah anda apa alasan mengapa manusia butuh waktu minimal 6 jam untuk tidur ? Sebuah studi yang dirilis di Huffington Post mengatakan bahwa tidur enam jam sehari selama dua minggu berturut-turut, tidaklah cukup.
 
Hal ini didukung oleh sebuah penemuan bahw Orang yang tidur selama 6 jam akan merasa kelelahan yang sama dengan mereka yang terjaga selama 48 jam penuh.
 
Analisa tersebut dilakukan dengan perangkat lunak FAST, sebuah alat yang digunakan militer AS untu menganalisa rasa lelah terhadap performa para tentara.
 
Dari data FAST ditemukan relawan yang tidur enam jam setiap hari selama dua hari berturut-turut, pada pukul 3 sore efektivitasnya berkurang sebesar 19%, reaksi berkurang 24% dan menjadi tiga kali lebih lamban dalam bereaksi dibanding relawan yang tidur lebih dari enam jam.
 
Dokter spesialis tidur, Michael Breus , PhD, mengatakan Tidak ada yang disebut waktu yang tepat untuk mulai tidur. Namun kita semua manusia membutuhkan waktu 7,5 jam tidur setiap hari.
 
Untuk menentukan waktu tidur yang tepat kita perlu menghitung mundur dari waktu bangun. Misal, Anda harus bangun pukul 6.30 pagi, artinya pada pukul 11 malam harusnya Anda sudah terlelap,” jelas Breus.