Alphabet Akan Membawahi Seluruh Bisnis Google

Alphabet Akan Membawahi Seluruh Bisnis Google
Sipayo.com – Larry Page secara resmi telah mundur dari posisinya sebagai Chief Executive Officer (CEO) Google, kini pria kelahiran Michigan, 26 Maret 1973 beralih memimpin Alphabet, yakni perusahaan baru yang akan membawahi seluruh lini bisnis Google.
Perubahan tentang struktur operasi perusahaan yang baru dalam segala lini bisnis Google tersebut tertuang dalam surat pengumuman Google, seperti yang dikutip Sipayo.com dari Blog Google, Selasa (11/8/2015).
“Perusahaan kami berjalan dengan baik. Namun, kami berpikir untuk membuatnya lebih baik dan bisa dipertanggungjawabkan. Karena itu, kami membuat perusahaan Alphabet,” tulis Larry Page yang kini bertindak sebagai CEO Alphabet.
Dalam pengumuman tersebut juga disebutkan bahwa selama ini perusahaan cenderung nyaman, sehingga tetap melakukan hal-hal yang sama. Padahal, di industri teknologi, ide-ide revolusioner merupakan pendorong terjadinya sesuatu yang lebih besar. Berdiam diri bukanlah suatu hal yang relevan saat ini.
Page menjelaskan tentang Alphabet dalam blog di situs Google sebagai gabungan dari berbagai perusahaan, yang paling besar tentu saja adalah Google.
Dengan demikian, bisa dibayangkan bahwa Alphabet menjadi induk dari Google dan perusahaan-perusahaan lain yang berbeda dari Google yang fokus pada internet, seperti perusahaan yang fokus dalam hal kesehatan.
Selain itu, ada pula XLab yang berisi proyek-proyek inovatif Google, seperti mobil dengan sistem operasi Android yang bisa berjalan sendiri, drone, atau balon Google Loon.
“Struktur baru ini akan memungkinkan kami untuk terus fokus mencari peluang-peluang baru dalam Google,” tulis Page.
Tak lupa, Page juga memperkenalkan penggantinya di posisi CEO Google, yaitu Sundar Pichai. Penunjukan Pichai sebagai CEO baru Google menurut Page sudah tepat karena Pichai sering kali memiliki pandangan yang sama, atau bahkan lebih baik dari Page.
Di bursa saham, Page menjelaskan Alphabet Inc akan menggantikan Google Inc sebagai perusahaan publik terdaftar di bursa saham dan semua saham Google secara otomatis akan dikonversi ke dalam jumlah yang sama dengan saham Alphabet.
“Google akan sepenuhnya menjadi anak perusahaan Alphabet. Kedua sahamnya akan terus diperdagangkan di Nasdaq dengan kode emiten GOOGL dan GOOG,” ujarnya.
Dilansir Sipayo.com dari International Business Times, Selasa (11/8/2015), restrukturisasi itu membuat unit bisnis Google menyusut dan fokus. Mereka kini menjadi perusahaan yang khusus mengurusi bisnis periklanan, mesin pencari, YouTube, dan Android.
“Google yang baru ini memang sedikit lebih ramping karena perusahaan yang tidak berkaitan langung dengan produk internet justru kami pindahkan ke Alphabet,” tulis Page dalam blog resmi Google.
Dengan demikian, mesin pencari itu tidak lagi mengelola unit bisnis yang mengembangkan tema kesehatan. Tema tersebut diubah menjadi perusahaan terpisah yang berdiri di bawah naungan Alphabet.
“Alphabet itu tentang bisnis yang makmur melalui kekuatan kepemimpinan serta kemandirian. Secara umum, model bisnis kami adalah masing-masing bisnis dijalankan oleh seorang CEO yang kuat. Sementara itu, Sergey dan saya akan melayani kebutuhan mereka,” ujar Page.
Sementara itu, kursi CEO Google diserahkan kepada Sundar Pichai. Pria kelahiran Tamil Nadu, India, ini memang sudah lama disiapkan untuk posisi tersebut, yaitu mulai dari kepemimpinannya di divisi Chrome, lalu di divisi Android hingga menjadi kepala produk pada Oktober lalu.