Benarkah Medan Plaza Sengaja Dibakar?

Benarkah Medan Plaza Sengaja Dibakar?
Sipayo.com – Hingga siang ini api masih terus berkobar menghanguskan Kompleks Pertokoan Medan Plaza yang berada di Jl Iskandar Muda, Medan. Kabakaran ini sendiri diperkirakan mulai terjadi pada, Sabtu (22/8/2015) pukul 01.00 WIB dini hari. (Baca: Belum Ada Korban Jiwa Akibat Kebakaran Medan Plaza)

Pada saat musih masih melanda, kini muncul suara miring menuduh bahwa kebakaran atas salah satu komplek pertokoan tertua di Kota Medan itu memang karena unsur kesengajaan.

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh salah seorang pemilik toko pernak-pernik yang terdapat di lantai dua gedung tersebut. Pemilik toko bernama Tumpal (45) mengatakan bahwa dia memang sempat mendengar sebelum kebakaran, bahwa gedung tersebut sengaja mau dibakar.

“Memang kami sempat mendengar sebelum kebakaran, gedung ini sengaja mau dibakar. Logikanya saja, penjaga malam saat kebakaran kok enggak ada di lokasi ini. Padahal banyak petugas sekuriti yang berjaga di gedung ini,” ungkap Tumpal seperti dikutip dari Kompas.com.

Tumpal juga melihat, sebelum api membesar petugas tidak menggunakan hidran yang ada di sekitar gedung. “Banyak hidran di areal gedung Medan Plaza ini enggak digunakan oleh petugas sekuriti. Makanya bukan saya saja yang menyimpulkan kalau kebakaran ini sengaja dibakar. Pemilik toko lainnya juga sependapat dengan saya. Mereka menganggap gedung ini sengaja dibakar,” cetus Tumpal.

Sementara itu, Komandan Regu Gedung Medan Plaza Yusrizal mengaku sudah tiga kali melakukan patroli di gedung itu. Namun dia mengaku tak menduga ada api yang tiba-tiba muncul dari lantai satu, persisnya di Restoran Ayam Penyet Jakarta dan toko kaset ET45.

“Jadi kita sudah tiga kali melakukan patroli mulai pukul 00.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB. Tiba-tiba saya dan anggota melihat ada asap tebal keluar dari toko Ayam Penyet Jakarta dan toko kaset ET 45. Terus kami buru-buru mengambil hidran, tapi api enggak bisa dipadamkan. Ada ratusan toko yang hangus terbakar,” ujar Yusrizal yang didampingi salah seorang pengelola Gedung Medan Plaza, Mulyono.

Yusrizal memprediksi, seluruh toko yang ada di dalam gedung hangus terbakar. “Kerugian mencapai miliaran rupiah-lah,” ucap Yusrizal.

Medan Plaza adalah satu di antara plaza tertua di Kota Medan, yang mampu bertahan hingga saat ini karena tetap mempertahankan penyewa kios yang menyediakan beragam barang dan jasa yang ekonomis.