Calon Peserta Pilkada Terbanyak di Pematang Siantar

Calon Peserta Pilkada Terbanyak di Pematang Siantar
Bila beberapa daerah di Indonesia hanya memiliki satu pasangan bakal calon kepala daerah, lain halnya dengan Kota Pematang Siantar. Meski pendaftaran tanpa perpanjangan waktu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan bahwa pendaftar calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak terbanyak tahun 2015 berasal daridaerah ini di seluruh Indonesia, yakni dengan 10 pasang peserta.

Pematang Siantar menjadi kota dengan calon peserta pilkada terbanyak disampaikan langsung oleh Ketua KPU Husni Kamil Manik. “Itu baru muncul di Kota Pematang Siantar, di mana ada enam pasangan calon dari tujuh pasangan calon perseorangan yang kemarin mendaftarkan diri, kemudian empat pasangan calon dr dukungan partai atau gabungan parpol,” ujar Husni.

Namun, Husni mengingatkan, saat ini baru tahap memasuki pendaftaran. Para pendaftar akan diverifikasi terlebih dahulu untuk resmi menjadi calon peserta Pilkada.

Kemudian, sambung Husni, ada beberapa daerah yang hanya satu pasangan calon yang mendaftar. Di antaranya adalah Kabupaten Asahan di Provinsi Sumatera Utara, beberapa Kabupaten di Jawa Barat, dan Kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara.

Untuk daerah yang hanya punya satu pasangan calon, KPU memberikan waktu tambahan selama tiga hari untuk menerima peserta tambahan. Tambahan waktu ini, disediakan KPU pada tanggal 1 hingga 3 Agustus.

“Nanti kita pastikan (peserta tunggalnya ada berapa) berapa kabupaten/kotanya. Untuk sementara di Jawa Timur ada tiga, yakni Surabaya, Pacitan dan Banyuwangi,” tutup dia.