6 Cara Alami Yang Dapat Mengobati Batuk Kering

6 Cara Alami Yang Dapat Mengobati Batuk Kering
 Sipayo.com – Batuk kering salah satu jenis penyakit yang berkaitan dengan tenggorakan dan paru-paru. Indikasi awal batuk kering biasanya adalah rasa gatal di tenggorokan.
 
Batuk kering atau penyakit tuberkulosis (sering digelar tibi) adalah jangkitan bakteria Mycobacterium tuberculosis, yang biasanya menyerang paru-paru.
 
Bila anda terkena penyakit batuk kering, mungkin pertama yang anda lakukan adalah membeli obat batuk yang ada di apotik maupun toko obat.
 
Sebenarnya banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati batuk kering. Penggunaan obat batuk alami, lebih aman dan nyaman daripada menggunakan obat kimia, karena memiliki efek samping tersendiri.
 
Menurut pakar kesehatan, Dr Parul R Sheth, batuk kering dapat terus menerus berlangsung pada seseorang, karena batuk merupakan salah satu cara tubuh membersihkan saluran udara dengan memaksa zat berbahaya dan benda asing dalam paru-paru.
 
Batuk kering tidak memiliki produksi sputum atau dahak jadi seolah-olah ada sesuatu yang terjebak di tenggorokan. Dengan demikian kita bisa mengalami infeksi laring.
 
Bila anda mengalami batuk kering namun anda tidak memiliki obat seperti ekspektoran, dekongestan atau antihistamin, maka cara sederhana untuk mengatasi batuk yang anda derita dengan menggunakan bahan alami  yakni  dengan :
 
1. Minum air. Minum sepanjang hari dapat mengurangi kekeringan tenggorokan.
2. Inhalasi. Alat penguap dapat membantu merangsang lendir
3. Peppermint dan madu dapat membantu meringankan batuk
4. Teh hijau panas dapat menenangkan tenggorokan dan melepaskan lendir.
5. Aromaterapi
6. Stop merokok dan menghindari alergen seperti serbuk sari, asap rokok dan bahan kimia.