Cara Belajar Berbahasa Inggris dengan Media Musik

Cara Belajar Berbahasa Inggris dengan Media Musik
Sipayo.com – Mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa pergaulan dalam dunia internasiona, maka tentu bagi sebagian kalangan menggap bahwa mampu berbahasa Inggris dengan fasih adalah sesuatu hal yang wajib.

Dalam rangka mengasah kefasihan dalam berbahasa Inggris, berbagai metode dan cara sudah Anda lakukan, baik melalui kursus bahasa Inggris, membaca novel, menonton film, dan lain sebagainya. Namun kerap pula cara tersebut masih kurang mendapatkan hasil yang maksimal seperti yang diharapkan.

Sebenarnya masih ada metode lain yang patut Anda coba, yaitu belajar bahasa Inggris dengan media musik. Cara ini dapat dilakukan untuk bisa fasih bahasa Inggris, lalu seperti apa cara-cara dan langkahnya? Berikut adalah penjelasannya:

1. Memilih lagu berbahasa Inggris yang disukai
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih penyanyi dan lagu berbahasa Inggris yang disukai. Dengan salah satu cara ini, tentu Anda akan lebih senang untuk mendengarkan dan secara langsung liriknya pun bisa Anda ikuti.

2. Pilihlah lagu yang slow
Pilih lagu yang slow bila ingin mengerti dan lancar bahasa Inggris. Tujuannya adalah agar Anda lebih mudah mencerna kata-kata yang diucapkan oleh si penyanyi. Upayakan untuk tidak memilih lagu yang memiliki alunan musik terlalu keras, seperti musik rock. Pilih jenis musik dan lagu yang slow, seperti akustik, pop, jazz, dan lain sebagainya.

3. Menghafal liriknya
Mengetahui lirik lagu dengan cara menghafalkannya adalah hal yang perlu juga Anda lakukan. Dengan demikian, Anda dapat melatih logika bahasa dan pendengaran Anda. Setelah mampu menghafal lirik, cobalah tuliskan lirik lagu tersebut sesuai apa yang Anda dengar. Carilah lirik yang sebenarnya, kemudian cocokkan.

4. Ikut bernanyi
Ketika Anda mendengarkan lagu tersebut, maka mulailah ikut bernanyi dengan nyanyian semirip mungkin apa yang diucapkan oleh si penyanyi. Cara ini akan melatih pronunciation Anda. Apabila memungkinkan nyanyikanlah lagu dengan keras dan lantang. Jangan takut salah saat mengucapkan. Kuncinya adalah percaya diri dan teliti dalam memperhatikan lagu yang dinyanyikan.

5. Artikan kata dengan kamus
Arti lagu tersebut juga perlu Anda ketahui, tujuannya adalah agar bisa memahami dan bisa membuat kamu kaya akan vocabulary atau perbendaharaan kata. Apabila ada kata-kata yang  tidak dimengerti, maka cari arti kata tersebut di kamus. Biasakan juga untuk menggunakan kata-kata berbahasa Inggris tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika Anda ingin cepat fasih berbahasa Inggris, maka cobalah serajin mungkin melakukan cara di atas. Dalam sehari Anda bisa mendengarkan dan mengartikan 3-5 lagu. Dengan begitu, beberapa bulan yang akan datang pastinya Anda akan tidak kagok lagi berbahasa Inggris. Selamat mencoba.