Cara Mengajari Anak Agar Mau Menabung

Cara Mengajari Anak Agar Mau Menabung
Sipayo.com – Anak yang suka menabung, merupakan harapan semua orangtua. Dengan menabung maka seorang anak akan terdidik menjadi hemat  sehingga dengan demikian nantinya dapat membuat masa depan si anak lebih cerah dalam hal ekonomi.
 
Sebagai orangtua tentu selalu mencoba mengajari anak agar mau menabung, namun sering sekali gagal karena cara mengajarinya yang kurang tepat.
 
Salah satu cara efektif yang dapat orangtua lakukan dalam mengajari anak untuk menabung adalah dengan bermain seperti permainan monopoli dan mengajaknya pergi belanja ke pasar.
 
intinya adalah orangtua harus mengenalkan uang kepada anak dengan cara sederhana dan aplikatif. Agar anak paham apa arti uang dan fungsinya. Setelah itu baru si ANak dapat dilatih untuk menabung.
 
Ajak anak mengobrol untuk merencanakan kebutuhan belanjanya, tentukan skala prioritas dan tekankan kepada anak bahwa dalam memiliki sesuatu butuh pengorbanan. Dengan demikian anak akan terpacu untuk menabung.
 
Bentukla Bank keluarga, dan si Ibu berperan sebagai teller, gunakan alat tulisan sederhana untuk membuat buku tabungan berisi kolom kredit dan debet. Berilah pujian dan hadiah apabila si anak akan berhasil menabung.
 
Memasuki Sekolah Dasar orangtua dapat membawa si ANak ke Bank untuk menabung sungguhan disana. Jangan berikan ATM dan smartphone karena dengan kedua alat ini si ANak dapat berbelanja online tanpa sepengetahuan orangtua.