Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop Ikuti 6 Langkah ini

Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop Ikuti 6 Langkah ini
 Sipayo.com – Keyboard salah satu kompenen yang sangat penting pada laptop. Tentu sangat menganggu jika tiba-tiba keyboard laptop yang kita gunakan rusak, karena tanpa keyboard, penggunaan laptop tidak dapat maksimal.
 
Rusaknya keyboard laptop dapat terjadi karena disebabkan dua hal yakni masalah Software dan hardware.
 
Masalah perangkat lunak (software) bisa dikerankan adanya kesalahan program laptop yang perlu di install, kena virus atau peru proses update. Sedangka masalah perangkat keras (hardware) itu berhubungan dengan fisik keyboard itu sendiri, misalkan tombolnya yang sudah tidak baik dll.
 
Bila anda mengalami permasalah keyboard laptop anda, maka anda dapat memperbaikinya dengan 6 langkah cara mudah dibawah ini :
 
1. Bersihkan kotoran-kotoran kecil
Kotoran kecil sering sekali masuk ke sela-sela tombol keyboard dan hal ini sering membuat tombol tersebut tidak berfungsi lagi dengan baik. Untuk membersihkannya miringkan laptop anda sekitar 75 derajat dan goyangkan.
 
Adan juga bisa gunakan kuas atau meniumkan udara pada sela-sela keyboard anda.
 
2. Me-restart Laptop
Hal ini dilakukan bila semua tombol keyboard anda tidak berfungsi. Kemungkinan besar software keyboard anda bermasalah, jadi lakukan restart.
 
3. Me-restore sistem
Hal ini dilakukan ketika keyboard anda tidak berfungsi gara-gara ada pengaturan atau software yang adan install sebelumnya. Karena setiap pengaturan maupun proses installing akan berubah sistem yang ada.
 
Lakukan system restor dengan cara klik tombol Start, lalu klik Control Panel. Selanjutnya, klik “Back up your computer” di bawah heading “System and Security”. Kemudian klik “Recover system settings or your computer”, lalu klik “Open System Restore. Ikuti langkah selanjutnya.
 
4. Perbaiki keyboard driver
keyboard driver yang tidak up-to-date atau keyboard driver Anda terganggu oleh program lainnya sehingga dapat membuat keyboard laptop anda menjadi tidak berfungsi.
 
Untuk memperkain keyboard dirver lakukan langka-langkah ini
Akses control panel, klik system and security, klik divice manager, klik drivers, selanjutnya klik keyboard, bila adan melihat segitiga warna kuning berarti driver keyboard anda bermasalah.
 
Untuk memperbaikinya dan dapat langsung melakukan update driver atau install driver tentu bila anda terhubung internet maupun memiliki driver laptop anda.
 
5. Bawa ke tempat servis
Bila ke-4 langkah diatas tidak juga mengembalikan fungsi keyboar laptop anda, sebaiknya anda bawa ke tempat service laptop yang direkomendasikan oleh merek laptop anda.
 
6. Memasang keyboard alternatif
Bila anda tidak sempat membawa ketempat service, maka langakh terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan membeli keyboard alternatif yakni keyboard yang digunakan PC, namun pesatikan keyboard tersebut dilengkap kabel usb.
 
Bila sudah diperoleh, anda tinggal masuk kabel USB Keyboard ke slot uSB laptop anda, tunggu sebentar sampai proses install selesai secara otomatis, restart laptop anda, dan keyboard sudah dapat digunakan.
 
Semoga bermanfaat.