Cara yang Benar Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

Cara yang Benar Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil
Seiring datangnya panas terik dan hujan deras yang tak menentu tak pelak mendatangkan efek yang kurang baik pada mobil dari kondisi alam tersebut. Salah satu yang ditimbulkan adalah munculnya jamur di kaca mobil akibat tetesan hujan yang tiba-tiba mengering karena datangnya panas matahari.

Membersihkan tidak hanya sekedar membuat lebih kinclong ataupun indah. Sebab kaca yang terlihat bening tentu saja akan membantu visibilitas saat mengemudi. Selebihnya, padangan akan lebih jelas, terlebih pada saat malam hari untuk menghilangkan efek bias cahaya lampu dari luar. Tak perlu menghabiskan waktu lama untuk mewujudkannya. Berikut adalah panduan tepat membuat kaca mobil jadi bening dan bersih.

Sebelum memulai, hal yang paling patut diketahui adalah bahwa kebanyakan pembersih kaca mengandung ammonia. Senyawa dari nitrogen dan hydrogen (NH3), sering digunakan campuran karena sangat ampuh untuk menghilang jamur dan flek, akibat air kotor yang sudah mengering lama atau bekas kotoran binatang.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua kaca cocok dengan bahan pembersih. Seperti jenis kaca tinted windows misalnya, tidak sesuai dengan aplikasi bahan tersebut. Efeknya bukan kaca jadi thenewswheel Cuci kaca mobil dengan bersih sebelum dipoles untuk menghilangkan jamur.
  
Tapi awas, tidak semua kaca cocok dengan asal mobil (Jepang, Korea atau Eropa). Jenis tinted windows tidak sesuai dengan aplikasi bahan tersebut. Efeknya bukan kaca jadi bersih, justru tambah buram seperti info yang kami kutip dari Autogeek. Untuk mengetahui spesifikasi kaca mobil, bisa dilihat pada sudut bagian bawahnya. Juga Anda lihat dalam label produk tersebut tertulis “ammonia free” atau “safe for tinted windows”.

Begini langkah-langkah menghilangkan jamur dan membersihkan kaca mobil:


1. Bersihkan kaca mobil dengan menggunakan air bersih.

2. Pastikan tempat mencuci dan memoles kaca terlindungi dari panas matahari. Hal tersebut bisa menyebabkan carian pembersih tersebut cepat mengering, dan meninggalkan residu yang berakibat munculnya flex pada permukaan kaca.

3. Gunakan kain microfiber untuk mendapatkan hasil maksimal saat memoles, jika tidak ada, bisa menggunakan kain biasa.

4. Oles atau semprot bagian kaca yang akan dibersihkan menggunakan obat lalu usap dengan kain hingga terlihat bening.

5. Bilas daerah itu dengan air. Lanjutkan hingga seluruh kaca dipoles dengan baik.

6. Dahulukan kaca depan karena memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Jangan khawatir ketika obat pemoles kaca menyentuh bodi mobil, lekas bilas permukaan tersebut dengan air agar tidak merusak cat.

7. Ulangi proses di atas jika Anda merasa belum mendapatkan hasil maksimal.

8. Baca beberapa peraturan pada pembersih kaca karena ada spesifikasi tertentu yang harus diperhatikan meski pada umumnya semua memiliki langkah yang sama.