Demi Indonesia Raya, Mbah Moen Berdiri dari Kursi Roda

Demi Indonesia Raya, Mbah Moen Berdiri dari Kursi Roda
Demi rasa hormatnya kepada bangsa, Kyai Mamoen Zubair atau yang lebih dikenal dengan panggilan Mbah Moen rela berdiri dari kursi roda, ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya saat menghadiri Muktamar Nahdlatul Ulama ke-33 di Jombang, Jawa Timur.
Kyai Maimoen Zubair yang duduk di kursi roda, tiba-tiba berdiri saat lagu Indonesia Raya berkumandang. Dia ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia itu bersama peserta lain.
Momen mengharukan sekaligus membanggakan tersebut diabadikan dalam bentuk foto yang diunggah oleh putri sulung Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Alissa Qotrunnada Munawaroh Rahman alias Alissa Wahid ke akun jejaring Twitter miliknya, @AlissaWahid.
Pada foto tersebut, tampak Mbah Moen yang telah berusia 86 tahun itu dan senantiasa menggunakan kursi roda jika hendak pergi kemana-mana mengenakan jubah berwarna putih, demikian pula dengan surbannya yang berwarna putih.
Terlihat, pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Jawa Tengah, itu berdiri dari kursi roda di belakangnya. Badan Mbah Moen hanya bertumpu pada sebilah tongkat yang dipegangnya.
“Mau nangis melihat Kyai Maimoen Zubair yg berkursi roda memaksa berdiri untuk menyanyikan Indonesia Raya. #MuktamarNU,” kicau @AlissaWahid dalam caption foto tersebut, Sabtu (1/8/2015).
Tercatat, 1.500 pengguna Twitter me-retweet foto yang diunggah Alissa.
“Mbah Moen sdh 84 th. Udzur, tak harus berdiri. Tapi demi hormatnya pd bangsa, pd lagu Indonesia Raya, beliau berdiri. #MuktamarNU,” kicau @AlissaWahid.
“Itu bedanya mbah Moen, kyai #IslamNusantara, dg mereka yg lahir di Indonesia tapi haramkan hormat bangsa. #MuktamarNU,” tambah @AlissaWahid.