Foto Bripka Fahrizal Riswan Mengendarai Motor Sambil Berdiri

Foto Bripka Fahrizal Riswan Mengendarai Motor Sambil Berdiri
Sipayo.com – Ada kalanya seorang polisi lalu lintas tidak selamanya bertugas hanya menilang para pelanggar lalu lintas. Terkadang mereka juga mempunyai hati nurani untuk membantu pengguna jalan yang sedang membutuhkan pertolongan. Hal tersebut telah dibuktikan oleh seorang anggota anggota Lantas Polresta Banda Aceh.
Dia adalah Bripka Fahrizal Riswan. Namanya kini tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial setelah fotonya sedang menolong ibu-ibu mencari tempat tambal ban beredar. Kejadian mengesankan itu terjadi baru-baru, saat itu, ia baru saja selesai bertugas mengatur lalu lintas, ketika hendak pulang, Bripka Fahrizal Riswan melihat dua orang perempuan sedang mendorong motor karena ban belakang bocor.
“Saya teringat orangtua di kampung, makanya saya bantu. Keduanya sudah ibu-ibu dan memakai baju PNS (Pegawai Negeri Sipil),” kata Riswan saat ditemui wartawan di Mapolresta Banda Aceh, Selasa (11/8/2015).
Foto Riswan tersebut pertama sekali diupload di akun Facebook milik Gading Hamonangan. Ia menjepret aksi sang polisi saat melintas di depan Kantor DPR Aceh, jalan Teuku Daud Beureueh pada 5 Agustus lalu. Beragam komentar terlihat terkait foto tersebut.
Dalam akunnya, Gading juga menulis caption “aksi polisi hebat. Kemarin Rabu, 5 Agustus 2015 di Jl. Tgk Daud Beureueh saya melihat seorang Polantas yang membantu dua orang ibu yang ban motornya gembos dengan cara membantu membawanya ke tempat tambal ban. Salut!!”. Foto itu diupload pada Kamis (6/8).
Dari foto terlihat, sang polisi mengendarai motor dengan cara berdiri. Hal itu dilakukan agar ban dalam tidak rusak. Saat itu, ia masih mengenakan seragam dinas lengkap dengan rompi hijau.
Menurut Riswan, usai mengatur lalu lintas pagi dirinya hendak pulang ke pos di depan Masjid Raya Baiturrahman untuk sarapan pagi. Dalam perjalanan, ia melihat dua orang ibu-ibu yang membutuhkan pertolongan. Setelah mengobrol, ia kemudian membawa motor ibu-ibu tersebut ke tempat tambal ban yang berjarak sekitar 500 meter.
“Mereka sepertinya mau ke kantor, tapi bocor ban. Waktu itu saya berdua sama teman. Karena kasihan, saya membawa motor ibu tersebut ke bengkel dan mereka jalan pakai motor saya,” jelas polisi yang sudah bertugas di Lantas sejak 2004 silam.
Riswan mengaku tidak sempat menanyakan nama kedua ibu tersebut. Pasalnya, usai diantar ke tempat tambal ban, ia langsung pamit untuk pergi ke pos.
“Saya membantu mereka sekitar pukul 08.30 WIB. Keduanya bilang terima kasih tapi saya tidak sempat menanyakan nama mereka,” jelas pria asal Nagan Raya, Aceh ini.
Usai fotonya tersebar di media sosial, ia kemudian dipanggil menghadap Kasat Lantas, Kompol Junaeddy Jhonny. Wajahnya langsung berubah saat mengetahui dirinya dipanggil ke ruang Kasat. Di sana, ia ditanyakan soal benar atau tidak dia dalam membantu ibu-ibu mencari tempat tambal ban.
“Saya sempat takut waktu dipanggil sama Kasat, karena saya pikir apa kesalahan saya sehingga disuruh menghadap,” ungkapnya.
Di depan Kasat, ia menceritakan hal yang dia lakukan. Tindakannya tersebut mendapat pujian dari Kasat Lantas.
“Dalam apel saya selalu ingatkan anggota untuk menggunakan nurani dalam bertugas,” kata Kompol Junaeddy saat ditemui wartawan.