7 Hal Penyebab Anda Jatuh Miskin

7 Hal Penyebab Anda Jatuh Miskin
Sipayo.com – Jatuh miskin alias bangkrut sesuatu yang biasa terjadi, namun tahukah anda apa penyebab seseorang jatuh miskin? Yang pasti kebangkrutan seseorang bukan terjadi secara tiba-tiba, namun karena ada faktor penyebab sebelumnya.
 
Dikutip sipayo.com dari lifehacks.org, Sabtu (22/8/2015) ada 8 hal yang dapat menyebabkan seseorang bisa jatuh miskin.
Berikut ke-8 hal itu :

1. Belanja lebih besar dari penghasilan
Anda pernah mendengar istilah “lebih besar pasak daripada tiang”, nah istilah ini kurang lebih pengertiannya adalah sama dengan lebih banyak pengeluaran dari pada pemasukan. Dengan hal demikian tentu tidak ada simpanan, bahkan yang sudah ada pasti akan lama kemudian pasti akan habis.
 
2. Berpikir sekarang merupakan waktu yang terlalu dini untuk menabung.
Banyak orang, khusunya kaum muda tidak mau menabung karena berpikir masih terlalu muda untuk menabung. Padahal menabung itu sesuatu yang penting dilakukan untuk menjaga pengeluaran yang tidak terduga.
 
3. Terlalu fokus pada masa kini dan tidak mempedulikan masa depan
Orang seperti ini tidak pernah akan merencanakan dengan baik masa depannya sehingga banyak hal yang tidak dia perhitungkan, karena banyak dimasa depan itu terjadi sesuatu yang tidak terduga.
 
4. Tidak mencatat pengeluaran
Sering sekali kita tidak mengetahui kemana perginya uang kita. Nah bila hal ini terjadi maka, kita harus merubahnya, karena bila hal itu terus berlanjut maka kita tidak akan tau apakah uang yang kita belanjakan untuk sesutatu yang berguna atau tidak.
 
5. Tidak membuat anggaran
Banyak orang tidak membuat anggaran belanja dan pendapatan dalam hidupnya, padahal ini sangat penting untuk dapat mengetahui dan mengontrol keuangan anda.
 
6.Mengabaikan hutang
Mengabaikan utang, ini juga hal yang sangat berpengaruh, karena lama-kelamaan utang akan terus berbunga dan mungkin akan menjadi lebih besar bunga yang harus dibayar dalam waktu lama.
 
7.Terus menerus membeli barang elektronik baru
Dunia elektronik selalu dinamis, setiap bulan ada yang terbaru, bila kita tidak mengendalikan nafsu belanja kita akan kebutuhan elektronik.