Hanya Punya 1 Pasangan Calon, 5 Daerah terpaksa menunda Pilkada

Hanya Punya 1 Pasangan Calon, 5 Daerah terpaksa menunda Pilkada
 
 
Sipayo.com – Pendaftaran tahap kedua pemilihan kepala daerah sudah ditutup pukiul 16.00 Wib, senin (3/8/2015). Berdasarkan rekapitulasi sementara oleh KPU maka ada sebanyak lima daerah harus menunda pemilihan.
 
Kelima daerah yang dimaksud adalah  Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat; Kabupaten Blitar di Jawa Timur; Kota Mataram di Nusa Tenggara Barat; Kota Samarinda di Kalimantan Timur, dan Kabupaten Timor Tengah Utara di Nusa Tenggara Timur.
 
Hal ini disampaikan oleh seorang Komisoner KPU, Ferry Kurnia Rizkiansyah di Gedung KPU, Jakarta Pusat, senin,(3/8/2015) sebagaimana diberitakan kompas.
 
“Ada lima daerah yang dipastikan tidak menambah pasangan calon dalam pendaftaran tahap dua,” Ucap Ferry
 
Pendundaan pilkada di 5 daerah tersebut dikarenakan sampai batas waktu pendaftaran yang ditentukan masih hanya memiliki satu calon, sehingga tidak sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2015, dimana calon harus lebih dari satu pasangan.
 
Sementara itu pada beberapa daerah lain yang sebelumnya juga memiliki satu pasangan calon akhirnya dapat menyelenggarakan pilkada setelah pada hari terakhir ada calon lain yang mendaftar.
 
Daerah itu adalah Kabupaten Asahan di Sumatera Utara; Kabupaten Arfak di Papua Barat; Kabupaten Serang, Banten; Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah; Kota Surabaya, Jawa Timur; Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara.