Hari ini, Ikatan Cendekiawan Karo Sumut Dibentuk

Hari ini, Ikatan Cendekiawan Karo Sumut Dibentuk
Sipayo,com – Tokoh-tokoh intelektual karo akan mendeklarasikan pembentukan Ikatan Cendekiawan karo (ICK-SU) Sumatera Utara, Sabtu (29/8/2015) di Medan Klub.
 
ICKI Sumut digagas oleh beberapa tokoh karo seperti Prof DR Ir Sukaria Sinulingga MEng, Prof DR Saad Afifuddin, Prof DR Paham Ginting SE MS, H Saleh Bangun, Hj Nurlisa Ginting MSc PhD, Ester Ginting SH MM, DR Sumbul S Depari MSc dan DR Ir Budi D Sinulingga MSi.
 
Pembentukan ICK-SU ini berawal dari banyaknya persoalan yang dihadapi  masyarakat karo tidak terselesaikan, padahal banyak putera-puteri karo yang memiliki pendidikan tinggi, namun belum ada wadah intelektual karo untuk mendorongan kesejahteraan masyarakat karo.
 
” Kami sepakat membentuk wadah para intelektual untuk ikut mendorong kesejahteraan masyarakat Karo,” ujar Budi Sinulingga bersama rekan-rekannya.
 
Menurut Mantan Ketua DPRD SUmut perioade 2009-2014 H. Saleh Bangun, selama ini banyak kebijakan belum berpihak kepada masyarakat, hal ini disebabkan kurangannya pengkajian kebijakan pemerintah secara akademis.
 
“Dengan berdirinya ICK-SU nantinya, dapat memberikan kajian-kajian akademis atas kebijakan pemerinta agar berpihak kepada masyarakat” Ujar Saleh Bangun, yang juga balon Walikota Binjai ini.
 
ICK-SU dibentuk dengan Visi:
 
“Menjadi lembaga intelektual yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Karo yang religius, berpendidikan dan berkarakter berdasarkan nilai-nilai luhur budaya Karo”
 
dan mengemban misi :
Mempromosikan kebijakan pembangunan yang pro masyarakat;
Memfasilitasi pengembangan dan pemberdayaan masyarakat Karo;
Memfasilitasi pengembangan SDM Karo yang berkualitas dan berwawasan luas